%A 1313093038 Fenti Panca Rahayu %T PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASI BELAJAR SISWA KELAS II A SD NEGERI 7 METRO PUSAT %X ABSTRAK PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASI BELAJAR SISWA KELAS II A SD NEGERI 7 METRO PUSAT Oleh FENTI PANCA RAHAYU Penelitian dilatarbelakangi bahwa proses pembelajaran di kelas II A SD Negeri 7 Metro Pusat belum dilaksanakan sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013, yang ditunjukkan dengan ketuntasan hasil belajar siswa hanya sebesar 40 % dari 24 siswa. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan kontekstual. Metode penelitian ini adalah Tindakan Kelas dengan tahapan setiap siklus, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpul data penelitian adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan, aktivitas siswa siklus I mencapai 43,75% kualifikasi ?Cukup Aktif? menjadi 56,25% kualifikasi ?Aktif? pada siklus II. Hasil belajar afektif siswa siklus I mencapai 53,38 berkategori ?Mulai Berkembang (MB)? menjadi 70,05 kategori ?Mulai Berkembang (MB)? di siklus II, kategori keterampilan siswa siklus I mencapai 53,38 berkategori ?Terampil? menjadi 70,10 kategori ?Terampil? pada siklus II, dan persentase ketuntasan kognitif siswa siklus I sebesar 49,91% menjadi 74,99% pada siklus II. Penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor siswa. Kata kunci: pendekatan kontekstual, aktivitas, hasil belajar. %C Universitas Lampung %D 2015 %I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %L eprints8723