%0 Generic %A Ryandi, Arya Putra %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:87230 %I FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERINTEGRASI STEM TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bandar Lampung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2023/2024) %U http://digilib.unila.ac.id/87230/ %X Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model project based learning terintegrasi STEM terhadap kemampuan numerasi matematis siswa. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bandar Lampung sebanyak 350 siswa yang terdistribusi ke dalam sebelas kelas yaitu kelas 7.1 hingga kelas 7.11. Desain penelitian ini yaitu pretest and posttest control group design dengan kelas 7.1 sebanyak 31 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas 7.3 sebanyak 32 siswa sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik purposive sampling sebagai sampel penelitian. Data pada penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh melalui tes kemampuan numerasi matematis. Berdasarkan hasil uji Mann-Whitney U diperoleh bahwa peningkatan kemampuan numerasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran project based learning terintegrasi STEM lebih tinggi dibandingkan peningkatan kemampuan numerasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kesimpulan dari penelitian ini ialah model project based learning terintegrasi STEM berpengaruh terhadap kemampuan numerasi matematis siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Bandar Lampung. Kata kunci: integrasi, numerasi, pengaruh, project based learning, STEM This quasi-experimental research aims to determine the effect of the STEM integrated project based learning model on students' mathematical numeracy abilities. The population of this research is all class VII students of SMP Negeri 1 Bandar Lampung, totaling 350 students distributed into eleven classes, namely class 7.1 to class 7.11. The design of this research is a pretest and posttest control group design with class 7.1 of 31 students as the experimental class and class 7.3 of 32 students as the control class selected using purposive sampling technique as the research sample. The data in this research is quantitative data obtained through a mathematical numeracy ability test. Based on the results of the MannWhitney U test, it was found that the increase in the mathematical numeracy abilities of students who took part in STEM integrated project based learning was higher than the increase in the mathematical numeracy abilities of students who took part in conventional learning. The conclusion in this research that the STEM integrated project-based learning model influences the mathematical numeracy abilities of class VII students at SMP Negeri 1 Bandar Lampung. Keyword: effect, integrated, numeracy, project based learning, STEM