%0 Generic %A Nancy , Aprilia %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:87247 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PEMBELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN DAN FINANCIAL SELF-EFFICACY TERHADAP FINANCIAL BEHAVIOR DENGAN MEMPERHATIKAN FINANCIAL LITERACY PADA SISWA KELAS XII AKL DI SMK NEGERI 1 KOTABUMI %U http://digilib.unila.ac.id/87247/ %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di SMK Negeri 1 Kotabumi, dimana terdapat kesenjangan antara pengetahuan keuangan yang dimiliki siswa dengan realita kemampuan mereka dalam mengelola keuangan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran akuntansi keuangan dan finanacial self-efficacy terhadap financial behavior melalui financial literacy sebagai variabel intervening pada siswa kelas XII AKL di SMK Negeri 1 Kotabumi. Jenis penelitian ini yakni kuantitatif dengan penggunaan kuesioner atau angket sebagai instrumen dalam pengambilan data. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII AKL di SMK Negeri 1 Kotabumi dengan jumlah sebanyak 101 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling metode simple random sampling. Analisis pengujian hipotesis secara parsial dilakukan dengan uji t dan secara simultan dengan uji F. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan pembelajaran akuntansi keuangan terhadap financial behavior, terdapat pengaruh positif dan signifikan financial self-efficacy terhadap financial behavior, serta terdapat pengaruh positif dan signifikan financial literacy terhadap financial behavior. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kadar determinasi sebesar 0,735 atau 73,5% hal ini berarti variabel financial behavior dipengaruhi oleh variabel pembelajaran akuntansi keuangan, finanacial self-efficacy dan financial literacy sebesar 73,5% dan sisanya sebesar 26,5% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci: Financial Behavior, Financial Literacy, Financial Self-Efficacy, Pembelajaran Akuntansi Keuangan. This study is motivated by the phenomenon that occurs at SMK Negeri 1 Kotabumi, where there is a gap between the financial knowledge that students have and the reality of their ability to manage finances in everyday life. This study aims to determine the effect of financial accounting learning and financial self-efficacy on financial behavior through financial literacy as an intervening variable in class XII AKL students at SMK Negeri 1 Kotabumi. This type of research is quantitative with the use of a questionnaire or questionnaire as an instrument in data collection. The population in this study were all XII AKL class students at SMK Negeri 1 Kotabumi with a total of 101 students. The sample used in this study was 50 students with sampling techniques using probability sampling simple random sampling method. Analysis of hypothesis testing was partially done with the t test and simultaneously with the F test. The results showed that there was no positive and significant effect of financial accounting learning on financial behavior, there was a positive and significant effect of financial self-efficacy on financial behavior, and there was a positive and significant effect of financial literacy on financial behavior. The results of this study also show that the determination level is 0,728 or 72,8%, this means that the financial behavior variable is influenced by the financial accounting learning variable, financial self-efficacy and financial literacy by 73,5% and the remaining 26,5% is influenced by other factors. Keywords: Financial Behavior, Financial Literacy, Financial Self-Efficacy, Learning Financial Accounting .