title: PEMANFAATAN MUSEUM LAMPUNG SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA ADIGUNA BANDAR LAMPUNG creator: TRI , RATNO subject: 370 Pendidikan description: Museum memiliki peranan yang besar dalam menjaga benda-benda bersejarah. Selain itu museum juga berperan dalam pelestarian hasil kebudayaan di suatu tempat. Sebuah museum akan menjadi tempat simpan dan kelola bermacam-macam benda- benda warisan budaya secara baik, dan akan menjadi pembelajaran bagi para penerus bangsa. Secara keseluruhan, museum berperan penting dalam melestarikan sejarah dan budaya, serta memberikan akses kepada masyarakat untuk mempelajari dan menghargai warisan masa lalu. Penelitian ini bertujuan mengetahui kendala yang dihadapi dalam optimalisasi Museum Lampung, sebagai sumber sejarah bagi siswa sekolah menengah atas di Bandar Lampung. Hasil Penelitian Bentuk Optimalisasi Museum Lampung kepada peserta didik dilakukan media gambar serta dengan cara pemberian tugas yang berkaitan dengan Museum Lampung dan juga menerapkan model pembelajaran outdoor learning yang mana peserta didik diajak langsung untuk melihat situs Sejarah, yang ada di sekitar sekolah mereka. Manfaat yang dapat diperoleh yakni dapat mengetahui Sejarah, yang ada di lingkungan sekitar tanpa hams pergi jauh untuk melihat peninggalan Sejarah, megalitikum. Kurangnya dukungan dari pemerintah, dalam hal publikasi ke public sehingga keberadaan Museum Lampung kurang bisa memberikan daya tarik dan tidak mampu menjadi sebuah objek wisata yang sifatnya edukasi Sejarah. Pelestarian budaya, pelestarian budaya yang minim akibat kemajuan teknologi, yang mana dalam perkembangan zaman sudah tidak digunakan pemanfaatan (batu lumpang) batu dan kayu untuk mengolah hasil bumi melainkan semua proses pengolahan menggunakan mesum, sehingga pengolahan yang sifatnya tradisional sudah sangat minim dilakukan oleh masyarakat setempat. Kata Kunci : Museum Lampung, Pemanfaatan Belajar, Peserta Didik Museums have a big role in preserving historical objects. In addition, the museum also plays a role in preserving the results of culture in a place. A museum will be a place to store and manage various objects of cultural heritage properly, and will be a lesson for the nation's successors. Overall, museums play an important role in preserving history and culture, as well as providing access to the public to learn and appreciate the heritage of the past. This study aims to determine the obstacles faced in optimising Lampung Museum as a historical resource for high school students in Bandar Lampung. Research Results The form of optimisation of Lampung Museum to students is carried out by drawing media and by giving assignments related to Lampung Museum and also applying an outdoor learning model where students are invited directly to see historical sites around their school. The benefits that can be obtained are being able to know history in the neighbourhood without having to go far to see historical relics, megalithic. Lack of support from the government, in terms of publication to the public so that the existence of Lampung Museum is less able to provide attraction and is not able to become a tourist attraction that is educational in nature History. Cultural preservation, minimal cultural preservation due to technological advances, which in the development of the times have not used the use of (lumpang stone) stone and wood to process crops but all processing processes using mesum, so that traditional processing is very minimal by the local community. Keywords: Lampung Museum, Learning Optimisation, Students date: 2024-05-30 type: Tesis type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87278/1/ABSTRAK%20-%20Tri%20Ratno.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87278/2/TESIS%20FULL%20-%20Tri%20Ratno.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87278/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20Tri%20Ratno.pdf identifier: TRI , RATNO (2024) PEMANFAATAN MUSEUM LAMPUNG SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA ADIGUNA BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/87278/