creators_name: Ferdyansyah , - creators_id: 2013053054 type: other datestamp: 2025-05-19 07:39:12 lastmod: 2025-05-19 07:39:12 metadata_visibility: show title: ANALISIS PERAN GURU DALAM PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI PADA SISWA DI SD NEGERI 2 TANJUNG SENANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024 ispublished: pub subjects: 300 subjects: 370 subjects: 372 full_text_status: restricted abstract: Masalah pada penelitian ini adalah masih kurangnya peran guru dalam penanaman nilai pendidikan antikorupsi pada siswa. penelitian bertujuan untuk menganalisis serta mendeskripsikan peran guru dalam penanaman nilai antikorupsi pada siswa dan model pembelajaran yang digunakan oleh guru dengan menyesuaikan kemampuan kognitif siswa dalam penanaman nilai antikorupsi. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian yaitu guru dan siswa. Subjek dalam penelitian adalah guru kelas tinggi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket terbuka, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peran yang sudah dilakukan guru dalam menanamkan nilai pendidikan antikorupsi kepada siswa yaitu penanaman 9 nilai antikorupsi, melakukan apresiasi dan punishment, memberikan dampak positif, mampu mengatasi kesulitan ketika pelaksanaannya, menggunakan bahan ajar, melakukan perancanaan, mengidentifikasi kemampuan kognitif siswa, menentukan model pembelajaran, dan model pembelajaran yang digunakan yaitu pembelajaran berpusat pada guru, pembelajaran berpusat pada siswa, pembelajaran kooperatif, dan pembelajaran berbasis permainan. Kata Kunci: penanaman nilai, pendidikan antikorupsi, peran guruThe research aims to analyse and describe the role of teachers in instilling anticorruption education values in students and the learning model used by teachers by adjusting students' cognitive abilities in instilling anti-corruption values. The research used qualitative method. The sources of data in the study were teachers and students. The subjects in the study were high grade teachers. Data collection techniques were observation, interview, open-ended questionnaire, and documentation. The results showed that the role that teachers have played in instilling the value of anti-corruption education to students is planting 9 anticorruption values, conducting appreciation and punishment, providing a positive impact, being able to overcome difficulties when implementing it, using teaching materials, planning, identifying students' cognitive abilities, determining learning models, and the learning models used are teacher-centred learning, studentcentred learning, cooperative learning, and game-based learning. Keywords: value cultivation, anti-corruption education, teacher role. date: 2024-06-03 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Ferdyansyah , - (2024) ANALISIS PERAN GURU DALAM PENANAMAN NILAI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI PADA SISWA DI SD NEGERI 2 TANJUNG SENANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/87281/1/ABSTRAK%20Ferdyansyah%20UNILA%202013053054%20-%20Ferdyansyah.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/87281/3/SKRIPSI%20FULL%20Ferdyansyah%20UNILA%202013053054%20%28Revisi%29%20-%20Ferdyansyah.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/87281/2/SKRIPSI%20%28TANPA%20BAB%204%29%20Ferdyansyah%20UNILA%202013053054%20%28Revisi%29%20-%20Ferdyansyah.pdf