title: PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV SD NEGERI 1 BANJARREJO TP 2012/2013 creator: Wiwik Ariyani, 1113137041 subject: LB1501 Primary Education description: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya perolehan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Banjarrejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Tujuan dalam penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial melalui Model CTL. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang difokuskan pada situasi kelas yang lazim dikenal Classroom Action Research. Penelitian ini dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas dengan menggunakan siklus-siklus tindakan, yang berlangsung sebanyak 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk data aktivitas belajar dan tes untuk hasil belajar. Teknis analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilaian menunjukkan bahwa melalui model CTL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat pada siklus I diperoleh rata-rata aktivitas belajar siswa 74,57% (kategori aktif) pada siklus II menjadi 85,58% (kategori sangat aktif). Ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 66% pada siklus II Ketuntasan hasil belajar telah memenuhi target, sebesar ≥ 75%. dengan ketuntasan sebesar 100%. Kata Kunci: Model Pembelajaran CTL, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar. publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2014-01-09 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8729/1/COVER%20LUAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8729/2/ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8729/3/COVER%20DALAM.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8729/4/HALAMAN%20MENYETUJUI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8729/5/HALAMAN%20PENGESAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8729/6/HALAMAN%20PERNYATAAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8729/13/HALAMAN%20PERSEMBAHAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8729/7/MOTO.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8729/8/KATA%20PENGANTAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8729/9/DAFTAR%20ISI.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8729/10/DAFTAR%20TABEL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8729/11/DAFTAR%20GAMBAR.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8729/12/DAFTAR%20LAMPIRAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8729/14/BAB%20I.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8729/15/BAB%20II.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8729/16/BAB%20III.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8729/17/BAB%20IV.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8729/18/BAB%20V.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/8729/19/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf identifier: Wiwik Ariyani, 1113137041 (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS IV SD NEGERI 1 BANJARREJO TP 2012/2013. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/8729/