@misc{eprints87302, month = {April}, title = {PENGARUH PERMAINAN PAPER CRAFT TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN}, author = {SISKA THREE ANGGRAINI}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2025}, url = {http://digilib.unila.ac.id/87302/}, abstract = {Berdasarkan studi pendahuluan di TK Kreasi didapatkan data bahwa 10 anak yang kesulitan dalam menghasilkan goresan yang rapi dan terarah karena cara memegang pensil yang kurang tepat, 20 anak terkendala pada hasil tulisan dan mewarnai yang kurang jelas dan sering keluar garis, 14 anak yang memiliki tekanan yang tidak kosisten dalam memegang pensil. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pre-eksperimen dengan pendekatan one-group pre-test and post-test. Pengumpulan data mengguankan observasi dan dokumentasi. Sampel penelitian sebanyak 23 anak usia 5-6 tahun dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk ceklist. Teknik analisis uji hipotesis menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menujukan sebelum diberi perlakuan terdapat 17\% atau 4 anak berada dalam kategori belum berkembang motorik halusnya dan 83\% atau 19 anak berada dalam kategori masih berkembang, setelah perlakuan terdapat 65\% atau 15 anak berada dalam kategori berkembang sesuai harapan dan 35\% atau 8 anak berada dalam kategori berkembang sangat baik. Setelah dilakukan analisis menggunakan uji wilcoxon terdapat pengaruh yang signifikan terhapap perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun dengan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) 0,000 {\ensuremath{<}} daripada 0,05 yang menyatakan bahwa hipotesis diterima dan permainan paper craft memiliki pengaruh terhadap perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Kreasi. Kata kunci: Anak usia dini, permainan paper craft, kemampuan motorik halus.} }