@mastersthesis{eprints87307, month = {Februari}, title = {MANEJEMEN KURIKULUM BERBASIS AKIDAH ISLAM DI STP SDIT KHOIRU UMMAH LIWA LAMPUNG BARAT}, school = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, author = {- INDARWATI }, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/87307/}, abstract = {Manajemen kurikulum berbasis akidah Islam merupakam kurikulum yang diterapkan oleh Sekolah Tahfidz Plus (STP) SDIT Khoiru Ummah Liwa Lampung Barat. Fungsi manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan kurikulum dimplementasikan untuk mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan manajemen kurikulum berbasis akidah Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian deskriftif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan dengan merumuskan visi, misi, tujuan dan isi kurikulum berbasis akidah Islam yang dirumuskan oleh berbagai pihak berwenang. (2) Pengorganisasian dilakukan dengan menyusun struktur organisasi dan pembagian tugas, (3) Pelaksanaan dilakukan oleh kepala sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan dengan metode pembelajaran talqiyyan fikriyan, bekerjasama dengan orang tua dan pihak terkait, (4) Pengawasan dilakukan oleh kepala sekolah dan pihak lembaga terkait, dan pemanfaatan hasil pengawasan untuk meningkatkan kualitas manajemen kurikulum berbasis akidah Islam. Kata kunci: akidah Islam, kurikulum, manajemen, sekolah dasar Management of Islamic aqedah based curriculum is the curriculum implemented by the Tahfidz Plus School (STP) SDIT Khoiru Ummah Liwa Lampung Barat. The process of planning, organizing, implementing and supervising the curriculum is implemented as a means of achieving educational goals. This research aims to analyze and describe management of Islamic aqedah based curriculum. This research uses a qualitative descriptive approach with descriptive research type. Data collection techniques use interviews, observation and document study. Data analysis techniques are carried out by collecting data, reducing data, presenting data, and drawing conclusions. The results of this research show that: (1) Planning by formulating the vision, mission, objectives and content of Islamic aqedah curriculum formulated by various authorities. (2) Organizing by compiling an organizational structure and division of tasks, (3) Implementation is carried out by school principals, educators and education staff using learning methods, talaqiyan fikriyan, in collaboration with parents and related parties, (4) Supervision is carried out by the school principal and related institutions, and the results of the supervision are utilized to improve the quality of management of Islamic aqedah curriculum. Keywords: curriculum, Islamic aqedah, management, elementary school} }