@misc{eprints87324, month = {Maret}, title = {EFEKTIVITASMODEL PEMBELAJARAN TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS X DI SMA NEGERI 2 KOTA AGUNG TAHUN 2024}, author = {FRADITA AFDILA }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2025}, url = {http://digilib.unila.ac.id/87324/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran tipe think pair share terhadap hasil belajar geografi siswa kelas X di SMA Negeri 2 Kota Agung. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasieksperimen. Populasi sebanyak 256 siswa, dengan sampel 64 siswa yang dibagi menjadi kelas eksperimen (X.H) dan kelas kontrol (X.G), masing-masing berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui independent sample T-test dan uji Ngain. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran tipe think pair share dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Data hasil pre-test dan post-test menunjukkan rata-rata nilai hasil belajar kelas eksperimen meningkat dari 48,21 menjadi 80,00, sedangkan kelas kontrol hanya meningkat dari 47,98 menjadi 63,59. Analisis statistik menggunakan uji T-test menghasilkan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) {\ensuremath{<}} 0,001, artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar yang signifikan secara statistik. Hasil uji N-Gain pada kelas eksperimen menunjukkan nilai 0,64 (kategori sedang). Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe think pair share cukup efektif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi kelas X di SMA Negeri 2 Kota Agung. Kata kunci: model pembelajaran, think pair share, hasil belajar, efektivitas. This study aims to examine the effectiveness of the think pair share learning model on the geography learning outcomes of grade X students at SMA Negeri 2 Kota Agung. The research used a quantitative approach with a quasi-experimental method. The population consisted of 256 students, with a sample of 64 students divided into an experimental class (X.H) and a control class (X.G), each comprising 32 students. Data collection techniques included tests, observation, and documentation. Data analysis was carried out using an independent sample t-test and N-gain test. The results showed a difference in learning outcomes between the experimental class, which used the TPS model, and the control class, which used conventional teaching methods. The average pre-test and post-test scores in the experimental class increased from 48.21 to 80.00, while the control class increased from 47.98 to 63.59. Statistical analysis using the t-test showed a significance value (Sig. 2-tailed) of {\ensuremath{<}} 0.001, indicating a statistically significant difference in mean learning outcomes. The N-Gain test result for the experimental class was 0.64, categorized as moderate. These findings indicate that the think pair share learning model is reasonably effective in improving student learning outcomes in geography for grade X at SMA Negeri 2 Kota Agung. Keywords: learning model, think pair share, learning outcomes, effectiveness.} }