creators_name: Naklah , Fadhila creators_id: 1813024004 type: other datestamp: 2025-05-20 06:12:09 lastmod: 2025-05-20 06:12:09 metadata_visibility: show title: PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK PERUBAHAN LINGKUNGAN ispublished: pub subjects: 300 subjects: 370 subjects: 570 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model problem based lerning (PBL) terhadap peningkatan kemampuan literasi sains dan selfefficacy peserta didik kelas X di SMA Negeri 16 Bandar Lampung tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 16 Bandar Lampung yang berjumlah 306 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 64 peserta didik dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Data kemampuan literasi sains diperoleh dari pretest dan posttest dan data self-efficacy diperoleh melalui angket. Kemampuan literasi sains dianalisis dengan uji independent sample t-test, sedangkan skala self-efficacy dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model PBL terhadap literasi sains peserta didik di kelas eksperimen pada taraf signifikansi 0,05 dengan nilai sig (2-tailed) 0,00 < 0,05. Indikator kompetensi yang paling berkembang yaitu menafsirkan data dan bukti ilmiah dengan kriteria tinggi, sedangkan indikator yang kurang berkembang yaitu mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah dengan kriteria sedang. Kemudian, hasil penilaian diri self-efficacy juga menunjukkan bahwa model PBL berpengaruh terhadap self-efficacy peserta didik dengan kriteria tinggi. Self-efficacy tertinggi terdapat pada dimensi strenght dengan kriteria tinggi, sedangkan self-efficacy terendah terdapat pada dimensi level dengan kriteria sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan literasi sains dan peningkatan self-efficacy peserta didik. Kata Kunci: Kemampuan Literasi Sains, Perubahan Lingkungan Self-efficacy date: 2024-07-04 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Naklah , Fadhila (2024) PENGARUH PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS DAN SELF EFFICACY PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK PERUBAHAN LINGKUNGAN. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/87326/1/ABSTRAK%20NAKLAH%20FADHILA%20-%20Naklah%20Fadhila.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/87326/2/FULL%20SKRIPSI%20TANPA%20LAMPIRAN_NAKLAH%20FADHILA%20-%20Naklah%20Fadhila.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/87326/3/FULL%20SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN_Naklah%20Fadhilaa%20-%20Naklah%20Fadhila.pdf