%A Sapta Nugraha Satria %T IMPLEMENTASI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (LMS) MENGGUNAKAN MOODLE 4 DENGAN INTEGRASI CHATBOT SEBAGAI ASISTEN VIRTUAL SISWA DI SMA N 2 METRO %X Pendidikan adalah kunci dalam pembangunan suatu negara. SMA Negeri 2 Metro berkomitmen memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung pembelajaran. Sistem yang ada sebelumnya memiliki keterbatasan fungsional seperti sistem hanya digunakan saat ujian dan kurangnya dukungan teknis secara realtime. Hal ini seringkali membuat siswa merasa kesulitan saat menghadapi masalah teknis yang berdampak negatif pada pengalaman belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan learning management system dengan integrasi chatbot menggunakan moodle 4. Fitur chatbot dibutuhkan karena dapat menyediakan dukungan teknis secara realtime, memberikan panduan penggunaan platform, serta menjawab pertanyaan umum secara cepat dan efisien. Penelitian ini menggunakan metode Extreme Programming (XP), pengujian yang dilakukan meliputi black-box testing dan User Acceptance Test (UAT). Berdasarkan hasil pengujian menggunakan black-box testing, sistem ini berfungsi secara fungsional dalam semua aspeknya. Kemudian hasil pengujian menggunakan metode User Acceptance Testing, didapatkan skor sebesar 86,2% untuk penggunaan chatbot oleh siswa dan guru. Kata kunci: Black Box Testing, Chatbot, Extreme Programming (XP), Learning Management System, User Acceptance Test (UAT). Education is the key to the development of a country. SMA Negeri 2 Metro is committed to leveraging information technology to support learning. The previous system had functional limitations, such as being used only during exams and lacking real-time technical support. This often-made students feel challenged when facing technical issues, negatively impacting their learning experience. This research aims to develop a learning management system with chatbot integration using Moodle 4. The chatbot feature is essential as it can provide realtime technical support, guide users on platform usage, and answer common questions quickly and efficiently. This research uses the Extreme Programming (XP) method, and the testing includes black-box testing and User Acceptance Testing (UAT). Based on the black-box testing results, the system functions correctly in all aspects. Additionally, the results from the User Acceptance Testing show a score of 86.2% for the use of the chatbot by students and teachers. Keywords: Black Box Testing, Chatbot, Extreme Programming (XP), Learning Management System, User Acceptance Test (UAT) %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %I FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM %L eprints87328