title: MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN VOKAL KELAS BERNYANYI DI SMPN 2 UMPU SEMENGUK creator: Willy , Sujatmiko subject: 370 Pendidikan subject: 400 Bahasa description: Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa dalam pembelajaran vokal, serta untuk memahami proses pembelajaran musik di UPT SMPN 2 Umpu Semenguk. Faktor internal dan eksternal digunakan untuk mengetahui bagaimana minat siswa pada pembelajaran vokal. Metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif digunakan, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fasilitas sekolah dalam mendukung pembelajaran musik masih kurang optimal, dan adanya siswa yang kurang tertarik terhadap materi pembelajaran. Pembelajaran musik dianggap terlalu banyak mencatat dan kurang praktik. Praktik yang dapat dilakukan dalam pembelajaran musik hanya bernyanyi. Selain itu, keterlibatan siswa dalam pembelajaran musik belum optimal, terutama terlihat dari kurangnya perhatian dan fokus siswa saat guru menjelaskan materi. Namun, penggunaan media pembelajaran seperti video dan audio terbukti efektif dalam meningkatkan ketertarikan siswa. Kesimpulannya, minat belajar siswa dalam pembelajaran musik dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk kualitas pengajaran, variasi metode pembelajaran, dan ketersediaan fasilitas. Faktor sosial guru menjadi yang paling berpengaruh terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran musik, karena keseuaian metode dengan materi yang akan diajarkan menjadi aspek penting dalam menentukan ketertarikan siswa dalam belajar. Kata Kunci : Minat, Belajar, Musik. This research aims to explain the factors that influence students' interest and observe the process of learning vocal at UPT SMPN 2 Umpu Semenguk. Internal and external factors are used to determine how interested students are in learning vokal. This research was conducted in a qualitative method with a descriptive approach. The data were obtained from observation of the learning process and interviews with students, teachers and parents. The result shows that school ought to improve the facilities in supporting music learning. Half of the students have lack of interest in learning music, because it is considered to have excessive note- taking and lack of practice. Singing is the only feasible practice in learning music. However, students’ participation in the learning process are less optimal, it can be seen from the students’ insufficient attention and focus during the teacher’s explanation. On the other hand, the use of learning media such as video and audio was proven to be effective in improving students’ interest. In conclusion, students' interest in learning music is influenced by numerous factors including the quality of teaching, learning methods variations, and the facilities availability. The teacher's social aspect is the most influential factor on students' interest in learning music, hence the compatibility of the method and learning material is a crucial aspect in determining students' interest in learning. Keywords: Interest, Learning, Music. publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2024-07-28 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87334/1/ABSTRAKK%20WILLY%20-%20Willy%20Sujatmiko.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87334/2/SKRIPSI%20FULLL%20-%20Willy%20Sujatmiko.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87334/3/TANPA%20PEMBAHASAN%201%20-%20Willy%20Sujatmiko.pdf identifier: Willy , Sujatmiko (2024) MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN VOKAL KELAS BERNYANYI DI SMPN 2 UMPU SEMENGUK. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/87334/