title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 4 METRO TIMUR creator: IDA , WAHYUNI subject: 400 Bahasa subject: 407 Pendidikan, riset dan topik terkait tentang Bahasa subject: 600 Teknologi (ilmu terapan) description: Masalah ini berfokus pada rendahnya kemampuan membaca pemahaman Bahasa Indonesia peserta didik kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan membaca pemahaman Bahasa Indonesia peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 514 peserta didik dengan sampel sebanyak 58 peserta didik yang ditentukan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan non tes. Dari pengujian hipotesis menggunakan regresi linear sederhana diperoleh publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2025-04-16 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87343/1/Abstrak.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87343/2/Skripsi%20tanpa%20lampiran%20%281%29.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87343/3/Skripsi%20tanpa%20bab%20IV%20%281%29.pdf identifier: IDA , WAHYUNI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 4 METRO TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/87343/