%0 Generic %A IDA , WAHYUNI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:87343 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 4 METRO TIMUR %U http://digilib.unila.ac.id/87343/ %X Masalah ini berfokus pada rendahnya kemampuan membaca pemahaman Bahasa Indonesia peserta didik kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan membaca pemahaman Bahasa Indonesia peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 514 peserta didik dengan sampel sebanyak 58 peserta didik yang ditentukan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan non tes. Dari pengujian hipotesis menggunakan regresi linear sederhana diperoleh