creators_name: IDA , WAHYUNI creators_id: 2113053193 type: other datestamp: 2025-05-21 07:59:00 lastmod: 2025-05-21 07:59:00 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 4 METRO TIMUR ispublished: pub subjects: 400 subjects: 407 subjects: 600 full_text_status: restricted abstract: Masalah ini berfokus pada rendahnya kemampuan membaca pemahaman Bahasa Indonesia peserta didik kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan membaca pemahaman Bahasa Indonesia peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 514 peserta didik dengan sampel sebanyak 58 peserta didik yang ditentukan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan non tes. Dari pengujian hipotesis menggunakan regresi linear sederhana diperoleh date: 2025-04-16 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 2113053193 citation: IDA , WAHYUNI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 4 METRO TIMUR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/87343/1/Abstrak.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/87343/2/Skripsi%20tanpa%20lampiran%20%281%29.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/87343/3/Skripsi%20tanpa%20bab%20IV%20%281%29.pdf