%A Nur Miranti Anggi %T NILAI KARAKTER TOKOH BUYA HAMKA DALAM NOVEL BUYA HAMKA: SEBUAH NOVEL BIOGRAFI KARYA AHMAD FUADI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA %X Penelitian ini membahas nilai karakter tokoh Buya Hamka dalam novel Buya Hamka: Sebuah Novel Biografi karya Ahmad Fuadi serta implikasinya terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan nilai karakter Buya Hamka dalam novel Buya Hamka: Sebuah Novel Biografi karya Ahmad Fuadi dan mengimplikasikan hasil penelitian pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu teknik baca dan catat. Sumber data utama adalah novel Buya Hamka: Sebuah Novel Biografi karya Ahmad Fuadi. Analisis data menggunakan teknik analisis isi, yang diuraikan secara deskriptif dalam bentuk kata-kata. Penelitian ini mengacu pada teori semiotika Ferdinand de Saussure, khususnya konsep signifier (penanda) dan signified (petanda), untuk mengidentifikasi nilai karakter dalam novel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 18 indikator nilai karakter yang diacu, terdapat 17 indikator yang ditemukan dalam novel. Nilai-nilai tersebut meliputi religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli sosial, dan tanggung jawab. Hasil penelitian ini diimplementasikan dalam bentuk Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut Kelas XI, khususnya pada materi Mengembangkan Apresiasi Prosa Bertema Lingkungan. Kata kunci: nilai karakter, Buya Hamka, novel biografi, pembelajaran Bahasa Indonesia, Kurikulum Merdeka %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %I FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints87364