%0 Generic %A MAYA , MARISA %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:87371 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN STEM BERBASIS MEDIA POWTOON DAN POWERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPAS SEKOLAH DASAR %U http://digilib.unila.ac.id/87371/ %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Negeri 8 Metro Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh pendekatan STEM berbasis media powtoon, (2) pengaruh pendekatan STEM berbasis media powerpoint, (3) perbedaan antara pengaruh pendekatan STEM berbasis media powtoon dan powerpoint terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental design. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri 8 Metro Timur dengan jumlah 57 orang peserta didik. Penentuan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes berupa soal uraian. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian adalah (1) terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan pendekatan STEM berbasis media powtoon dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05, (2) terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan pendekatan STEM berbasis media powerpoint dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,000 < 0,05, (3) terdapat perbedaan pengaruh antara pendekatan STEM berbasis media powtoon dengan pendekatan STEM berbasis media powerpoint terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 8 Metro Timur dengan nilai signifikansi 0,038 < 0,05. Penerapan pendekatan STEM berbasis media powerpoint lebih unggul dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dibandingkan media powtoon. Kata Kunci: pendekatan stem, powtoon, powerpoint, berpikir kritis