%0 Generic %A ANNISA INDAH, SAPUTRI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:87372 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH MODEL KOOPERATIF LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR %U http://digilib.unila.ac.id/87372/ %X Masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V pada pembelajaran pendidikan pancasila. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif learning tipe teams games tournament terhadap hasil belajar pendidikan pancasila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling dengan jumlah populasi sebanyak 82 peserta didik dan sampel yang terdiri dari 55 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non-tes berupa lembar observasi. Hasil uji N-gain pada kelas eksperimen menunjukkan nilai mean = 0,4577 dan pada kelas kontrol nilai mean = 0,2669. Persentase ketercapaian (nilai ≥ 70) pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 70,4% > 53,6%, artinya implementasi model kooperatif learning teams games tournament terhadap hasil belajar pendidikan pancasila pada peserta didik kelas V sekolah dasar lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran di kelas kontrol. Terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model kooperatif learning tipe teams games tournament terhadap hasil belajar pendidikan pancasila peserta didik.