@misc{eprints87381, month = {April}, title = {PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIPBOOK TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR}, author = {AGRIFINA VIVIA FEBBRILIAN}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2025}, url = {http://digilib.unila.ac.id/87381/}, abstract = {Permasalahan yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini ialah rendahnya pemahaman konsep bangun ruang pada peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis flipbook terhadap pemahaman konsep bangun ruang peserta didik kelas V SD Negeri 2 Way Halim Permai. Metode dalam penelitian ini adalah quasi experimental non-equivalent control group design. Populasi berjumlah 76 peserta didik, pemilihan sampel menggunakan purposive sampling dan sampel yang digunakan sebanyak 52 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Hasil pengujian hipotesis dengan uji regresi linear sederhana, diperoleh nilai thitung {\ensuremath{>}} ttabel yakni 8,696 {\ensuremath{>}} 2,056 yang menunjukkan adanya pengaruh antar variabel serta diperoleh nilai R square sebesar 0,744 yang berarti bahwa 74,4\% variabel pemahaman konsep materi bangun ruang matematika dipengaruhi oleh penggunaan media flipbook. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji independent sample t-Test antara kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh thitung {\ensuremath{>}} ttabel yaitu 2,049 {\ensuremath{>}} 2,009. Hasil uji hipotesis ini membuktikan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media flipbook terhadap pemahaman konsep bangun ruang, serta terdapat perbedaan signifikan dalam pemahaman konsep bangun ruang pada peserta didik kelompok eksperimen yang diberi perlakuan media flipbook dengan peserta didik kelompok kontrol pada mata pelajaran matematika kelas V di SD Negeri 2 Way Halim Permai.} }