%0 Generic %A Siti , Annisa Nurjanah %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:87407 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KOLABORASI PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM BERORIENTASI SDGs %U http://digilib.unila.ac.id/87407/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan model PBL pada materi perubahan iklim berorientasi SDGs terhadap keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan ialah quasi eksperimen. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok yang dipilih dengan teknik Cluster Random Sampling. Penelitian ini menggunakan desain Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL pada materi perubahan iklim berorientasi SDGs berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis kolaborasi peserta didik, dengan rata-rata N-Gain kelompok eksperimen sebesar 0,52 (sedang), lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol dengan rata-rata N-Gain 0,24 (rendah). Dilakukan juga uji pengaruh (Effect Size) yang menunjukkan nilai 1,9 (berpikir kritis) dengan interpretasi efektivitas besar. Hasil perhitungan keterampilan kolaborasi kelompok eksperimen juga mendapatkan rata-rata 79,4 dengan kategori baik, hasil ini memiliki peningkatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol sebesar 56,6 dengan kategori kurang. Hasil perhitungan N-Gain keterampilan kolaborasi peserta didik menunjukkan bahwa kelompok eksperimen memperolah rata-rata N-Gain sebesar 0,47 yang lebih tinggi dibanding kelompok kontrol sebesar 0,14. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara keterampilan berpikir kritis dengan kolaborasi peserta didik dengan nilai signifikasni sebesar 0,006. Dengan demikian pembelajaran dengan model PBL pada materi perubahan iklim berorientasi SDGs berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis dan terdapat perbedaan pada keterampilan kolaborasi peserta didik serta terdapat hubungan antara kedua variabel tersebut. Kata Kunci: Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Kolaborasi, SDGs