?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PERBEDAAN+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+DAN%0D%0AEKSPOSITORI+TERHADAP+KETERAMPILAN+GERAK+DASAR+PASSING%0D%0ABAWAH%0D%0ABOLA+VOLI++PADA+MAHASISWA+EKSTRAKURIKULER%0D%0ABOLA+VOLI+DI+PROGRAM+SARJANA+PGSD+FKIP%0D%0AUNILA-UPP+METRO+TAHUN+AJARAN+2010&rft.creator=0513051048%2C+Indah+Dwi+Prasanti&rft.subject=+&rft.description=Tujuan+penelitian+ini+adalah+untuk+mengetahui+model+pembelajaran+yang+lebih%0D%0Aefektif+dalam+meningkatkan+penguasaan+gerak+dasar+passing+bawah+bola+voli+pada%0D%0AMahasiswa+Ektrakulikuler+bola+voli+di+Program+Sarjana+PGSD+FKIP+UNILA-UPP%0D%0AMetro+Tahun+Ajaran+2010.%0D%0AJenis+penelitian+yang+digunakan+adalah+penelitian+eksperimen+perbandingan%0D%0Adengan+subyek+penelitian+adalah+mahasiswa+ekstrakulikuler+bola+voli+yang%0D%0Aberjumlah+45+orang.+Sedangkan+teknik+pengumpulan+data+dilakukan+dengan%0D%0Amelakukan+tes+awal+keterampilan+gerak+dasar+passing+bawah.+Dari+hasil+itu%0D%0Asampel+dikelompokkan+menjadi+3+kelompok+yaitu+kelompok+eksperimen+I+diberi%0D%0Aperlakuan+dengan+menggunakan+model+pembelajaran+kooperatif%2C+kelompok%0D%0Aeksperimen+II+diberi+perlakuan+dengan+menggunakan+model+pembelajaran%0D%0Aekspositori+dan+kelompok+eksperimen+III+tidak+diberi+perlakuan+apapun.+Latihan%0D%0Adiberikan+selama+3+bulan+dengan+frekuensi+2+kali+seminggu.+Setelah+latihan%0D%0Aselesai%2C+dilakukan+tes+keterampilan+gerak+dasar+passsing+bawah+kembali.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan%3A+Pembelajaran+kooperatif+memiliki+dampak+yang%0D%0Apositif+untuk+mahasiswa+yang+hasil+belajarnya+rendah.+Hal+ini+sesuai+dengan+hasil%0D%0Apenelitian+yang+menunjukkan+bahwa+setelah+diberikan+perlakuan+dengan+model%0D%0Abelajar+kooperatif%2C+hasil+belajar+siswa+meningkat+jumlah+nilai+nya+sebesar+164%2C+dan%0D%0Apeningkatan+nilai+rata-rata+sebesar+10%2C9333.+Sedangkan+pada+model+belajar%0D%0Aekspositori+juga+mengalami+peningkatan+yang+signifikan+yaitu+peningkatan+jumlah%0D%0Anilai+sebesar+84%2C+dan+peningkatan+nilai+rata-rata+sebesar+5%2C6.+Namun+peningkatan%0D%0Aini+lebih+rendah+dibandingkan+dengan+model+belajar+kooperatif.+Hal+ini%0D%0Adisebabkan+model+belajar+kooperatif+memiliki+kelebihan+yaitu+mahasiswa+dapat%0D%0Amemecahkan+masalahnya+sendiri+secara+individu+maupun+kelompok.+Model%0D%0Apembelajaran+ini+disetting+dalam+kelompok-kelompok+kecil+sebagai+wadah%0D%0Amahasiswa+untuk+bekerjasama+dan+memecahkan+suatu+masalah+melalui+interaksi%0D%0Asosial+dengan+teman+sebayanya.&rft.date=2012-10-18&rft.type=Skripsi&rft.type=PeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8741%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8741%2F2%2Fcover%2520dalam.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8741%2F3%2Fcover.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8741%2F4%2FDAFTAR%2520GAMBAR.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8741%2F5%2FDAFTAR%2520ISI.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8741%2F6%2FDAFTAR%2520LAMPIRAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8741%2F7%2FDAFTAR%2520TABEL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8741%2F8%2FMOTTO.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8741%2F9%2Fpengsahn.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8741%2F10%2FPERNYATAAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8741%2F11%2FPERSEMBAHAN.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8741%2F12%2Fpersetujuan.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8741%2F13%2FRIWAYAT%2520HIDUP.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8741%2F14%2FSANWACANA.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8741%2F15%2FBAB%25201.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8741%2F16%2FBAB%2520II.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8741%2F17%2FBAB%2520III.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8741%2F18%2FBAB%2520IV.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8741%2F19%2FBAB%2520V.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8741%2F20%2Fdaftar%2520pustaka.pdf&rft.identifier=++0513051048%2C+Indah+Dwi+Prasanti++(2012)+PERBEDAAN+MODEL+PEMBELAJARAN+KOOPERATIF+DAN+EKSPOSITORI+TERHADAP+KETERAMPILAN+GERAK+DASAR+PASSING+BAWAH+BOLA+VOLI+PADA+MAHASISWA+EKSTRAKURIKULER+BOLA+VOLI+DI+PROGRAM+SARJANA+PGSD+FKIP+UNILA-UPP+METRO+TAHUN+AJARAN+2010.++UNSPECIFIED.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F8741%2F