title: PENGARUH PENERAPAN APLIKASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, E-COMMERCE, DAN DIGITAL MARKETINGTERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA UMKMKOTA BANDAR LAMPUNG creator: Aldo , Anggit Febriyani subject: 300 Ilmu sosial subject: 330 Ekonomi description: This study aims to analyze the impact of implementing accounting information system applications, e-commerce, and digital marketing on profit growth in MSMEs in Bandar Lampung. It employs a quantitative approach, sampling all MSMEs in the city through purposive sampling, resulting in 142 collected data. Data were obtained through questionnaires and interviews, analyzed using descriptive analysis, validity and reliability tests, classic assumption tests, and multiple linear regression analysis. The results show a positive influence of accounting information system applications on profit growth, as well as positive effects of e-commerce and digital marketing on profit growth for MSMEs. The theory and implications highlight the positive influence of information technology on profit growth, stressing the importance for MSMEs to enhance skills and knowledge in technology application for competitiveness and market expansion. The study's novelty lies in observing the positive impact of information technology application on profit growth in Bandar Lampung's MSMEs, emphasizing a paradigm shift towards greater efficiency and effectiveness through modern information technology utilization. Keyword: MSMEs, Accounting Information System Applications, E-Commerce, Digital Marketing, Profit Growth Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penerapan aplikasi sistem informasi akuntansi, e-commerce, dan digital marketing terhadap pertumbuhan laba pada UMKM di Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengambil sampel seluruh UMKM di kota Bandar Lampung melalui purposive sampling, yang menghasilkan 142 data. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara, serta dianalisis menggunakan analisis deskriptif, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda. Hasil analisis menunjukkan pengaruh positif dari penerapan aplikasi sistem informasi akuntansi terhadap pertumbuhan laba, serta pengaruh positif dari e-commerce dan digital marketing terhadap pertumbuhan laba UMKM. Teori dan implikasi dari penelitian ini menyoroti pengaruh positif teknologi informasi terhadap pertumbuhan laba, yang menekankan pentingnya pelaku usaha UMKM untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam penerapan teknologi sebagai upaya meningkatkan daya saing dan ekspansi pasar. Keunikan penelitian ini terletak pada pengamatan dampak positif penerapan teknologi informasi terhadap pertumbuhan laba pada UMKM di Bandar Lampung, yang menyoroti perubahan paradigma pengelolaan usaha menuju efisiensi dan efektivitas yang lebih besar melalui pemanfaatan teknologi informasi modern. Kata kunci: UMKM, Sistem Informasi Akuntansi (SIA) , E-Commerce, Digital Marketing, Pertumbuhan Laba publisher: EKONOMI DAN BISNIS date: 2024-07-19 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87424/1/ABSTRAK%20-%20Aldo%20Anggit%20Febriyani.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87424/4/SKRIPSI%20FULL%20ALDO%20ANGGIT%20-%20Aldo%20Anggit%20Febriyani.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87424/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHSAN%20ALDO%20-%20Aldo%20Anggit%20Febriyani.pdf identifier: Aldo , Anggit Febriyani (2024) PENGARUH PENERAPAN APLIKASI SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, E-COMMERCE, DAN DIGITAL MARKETINGTERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA UMKMKOTA BANDAR LAMPUNG. EKONOMI DAN BISNIS, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/87424/