title: PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS PENDEKATAN CRT UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS RENDAH PADA PEMBELAJARAAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR creator: Dewi , Yuninda subject: 300 Ilmu sosial subject: 370 Pendidikan subject: 372 Pendidikan dasar description: Masalah dalam penelitian ini berawal dari hasil analisis kebutuhan peserta didik pada kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku cerita bergambar berbasis pendekatan CRT untuk meningkatkan literasi membaca peserta didik di kelas rendah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D, dengan mengunakan model ADDIE. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II di SD Al Kautsar yang berjumlah 168 peserta didik. Sampel penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling berjumlah 56 peserta didik. Alat pengumpul data menggunakan instrumen tes yang valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan normalitas dan homogenitas. Adapun hasil penelitian ini menjukkan bahwa penerapan buku cerita bergambar berbasis pendekatan CRT efektif untuk diterapkan di sekolah dasar karena dapat meningkatkan literasi membaca peserta didik di kelas rendah. Hal ini juga dapat dibuktikan dari hasil perolehan p erhitungan data pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 0,90 < 0,05 artinya signifikan dan terdapat pengaruh penerapan buku cerita bergambar berbasis pendekatan CRT. Kata Kunci: Buku Cerita Bergambar, Pendekatan CRT, Peningkatan Literasi. The problem in this research begins with the results of an analysis of students' needs in learning activities. This research aims to produce picture story books based on the CRT approach to improve the reading literacy of students in lower grades. This research is a type of R&D research, using the ADDIE model. The population of this study was all class II students at SD Al Kautsar, totaling 168 students. The sample for this research was determined using a purposive sampling technique totaling 56 students. Data collection tools use valid and reliable test instruments. Data analysis techniques use normality and homogeneity. The results of this research show that the application of picture story books based on the CRT approach is effective in elementary schools because it can increase the reading literacy of students in lower grades. This can also be proven from the results of data calculations in the experimental class which were obtained at 0.90 <0.05, meaning that it was significant and there was an influence from the application of picture story books based on the CRT approach. Keywords: CRT Approach , Increasing Literacy. Picture Story Books. date: 2024-07-01 type: Tesis type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87431/1/ABSTRAK%20-%20Dewi%20yuninda.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87431/2/TESIS%20FULL%20-%20Dewi%20yuninda.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87431/3/TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN%20-%20Dewi%20yuninda.pdf identifier: Dewi , Yuninda (2024) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS PENDEKATAN CRT UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MEMBACA PESERTA DIDIK KELAS RENDAH PADA PEMBELAJARAAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/87431/