?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PERAN+MEDIA+SCHOOLOGY+DAN+MOTIVASI+BELAJAR%0D%0ATERHADAP+PEMAHAMAN+KONSEP+PESERTA+DIDIK%0D%0APADA+MATA+PELAJARAN+GEOGRAFI+KELAS+X%0D%0ADI+SMA+NEGERI+1+TERUSAN+NUNYAI+TAHUN+2022&rft.creator=DEWI+%2C+NYAMIATUL+FATIMAH&rft.subject=370+Pendidikan&rft.description=Penelitian+ini+bertujuan+untuk+mengkaji+pengaruh+media+pembelajaran+schoology%0D%0Adan+motivasi+belajar+terhadap+pemahaman+konsep+peserta+didik+dalam+mata%0D%0Apelajaran+Geografi+di+kelas+X+SMA+Negeri+1+Terusan+Nunyai+Tahun+2022.+Metode%0D%0Apenelitian+yang+digunakan+adalah+quasi+eksperimen+dengan+desain+nonequivalent%0D%0Acontrol+group.+Penelitian+ini+melibatkan+dua+kelas%2C+yaitu+kelas+eksperimen+yang%0D%0Amenggunakan+media+schoology+dan+kelas+kontrol+yang+menggunakan+media%0D%0Akonvensional%2C+dengan+pengambilan+sampel+menggunakan+teknik+purposive%0D%0Asampling.+Data+dikumpulkan+melalui+observasi%2C+kuesioner%2C+dan+tes+pemahaman%0D%0Akonsep+yang+meliputi+indikator+motivasi+belajar+dan+kognitif+pemahaman+konsep.%0D%0AData+dianalisis+menggunakan+independent+sample+t-test+untuk+menilai+perbedaan%0D%0Aantara+kedua+kelompok.%0D%0AHasil+penelitian+menunjukkan+peningkatan+pada+pemahaman+konsep+peserta+didik%0D%0Adi+kelas+eksperimen+yang+menggunakan+media+schoology+dibandingkan+dengan%0D%0Akelas+kontrol.+Nilai+rata-rata+posttest+pada+kelas+eksperimen+mencapai+70%2C99%2C+lebih%0D%0Atinggi+dibandingkan+dengan+kelas+kontrol+yang+memperoleh+rata-rata+68%2C79%2C+dengan%0D%0Anilai+signifikansi+sebesar+0%2C034+(%3C0%2C05).+Penggunaan+media+schoology+memberikan%0D%0Aefek+positif+terhadap+pemahaman+konsep+peserta+didik%2C+terutama+dalam+memahami%0D%0Afenomena+geosfer%2C+atmosfer%2C+dan+hubungan+antar-komponen+geosfer.+Selain+itu%2C%0D%0Apeserta+didik+dengan+motivasi+belajar+yang+tinggi+di+kelas+eksperimen+menunjukkan%0D%0Apemahaman+yang+lebih+mendalam+dibandingkan+peserta+didik+dengan+motivasi%0D%0Abelajar+yang+lebih+rendah%2C+yang+mendorong+keaktifan+peserta+didik.+Penerapan%0D%0Amedia+schoology+efektif+dalam+meningkatkan+pemahaman+konsep+peserta+didik%0D%0Apada+pelajaran+Geografi%2C+terutama+di+kelas+dengan+motivasi+belajar+yang+tinggi.%0D%0AOleh+karena+itu%2C+media+ini+direkomendasikan+sebagai+alternatif+pembelajaran%0D%0Aberbasis+teknologi+yang+mendukung+keterlibatan+aktif+siswa+dan+meningkatkan%0D%0Akualitas+pembelajaran.%0D%0AKata+kunci%3A+media+schoology%2C+motivasi+belajar%2C+pemahaman+konsep+geografi&rft.publisher=FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN&rft.date=2025-02-05&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87433%2F1%2F1.%2520ABSTRAK%2520-%2520ABSTRACT.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87433%2F2%2F2.%2520SKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87433%2F3%2F3.%2520SKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++DEWI+%2C+NYAMIATUL+FATIMAH++(2025)+PERAN+MEDIA+SCHOOLOGY+DAN+MOTIVASI+BELAJAR+TERHADAP+PEMAHAMAN+KONSEP+PESERTA+DIDIK+PADA+MATA+PELAJARAN+GEOGRAFI+KELAS+X+DI+SMA+NEGERI+1+TERUSAN+NUNYAI+TAHUN+2022.++FAKULTAS+KEGURUAN+DAN+ILMU+PENDIDIKAN%2C+UNIVERSITAS+LAMPUNG.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87433%2F