%0 Generic %A Siti, Aminah %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2024 %F eprints:87452 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T PENGARUH KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL, KEMANDIRIAN BELAJAR DAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP NEGERI 34 BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/87452/ %X Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan pada abad ke-21 sehingga siswa perlu mengembangkannya mulai dari bangku sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan literasi digital, kemandirian belajar dan interaksi teman sebaya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang dimediasi oleh motivasi belajar pada pembelajaran IPS di SMP Negeri 34 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Bandar Lampung. Sampel berjumlah 138 siswa yang ditentukan dengan teknik probability sampling menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, soal tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kritis. Tidak terdapat pengaruh langsung kemampuan literasi digital dan interaksi teman sebaya terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Terdapat pengaruh tidak langsung kemampuan literasi digital, kemandirian belajar dan interaksi teman sebaya terhadap kemampuan berpikir kritis yang dimediasi oleh motivasi belajar. Terdapat pengaruh secara simultan kemampuan literasi digital, kemandirian belajar, interaksi teman sebaya dan motivasi belajar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Interaksi Teman Sebaya, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Literasi Digital, Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar Critical thinking ability is one of the skills needed in the 21st century so students need to develop it starting from school. This research aims to determine the effect of digital literacy skills, learning independence and peer interaction on students' critical thinking skills mediated by learning motivation in social studies learning at SMP Negeri 34 Bandar Lampung. The type of research used is quantitative with an ex post facto approach. The population in this study were VIII grade students of SMP Negeri 34 Bandar Lampung. The sample amounted to 138 students determined by probability sampling technique using simple random sampling. Data collection techniques used questionnaires, test questions, observation, interviews and documentation. The results showed that there was a direct effect of learning independence on critical thinking skills. There is no direct effect of digital literacy skills and peer interaction on students' critical thinking skills. There is an indirect effect of digital literacy skills, learning independence and peer interaction on critical thinking skills mediated by learning motivation. There is a simultaneous influence of digital literacy skills, learning independence, peer interaction and learning motivation on students' critical thinking skills. Keywords: Critical Thinking Skills, Digital Literacy Skills, Learning Independence, Learning Motivation, Peer Interaction