TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints87466 UR - http://digilib.unila.ac.id/87466/ A1 - FAURIZA, AGUSTINA Y1 - 2025/04/22/ N2 - Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif di kelas IV A SD Negeri 1 Sidokerto karena terbatasnya variasi model pembelajaran yang belum diterapkan secara optimal di kelas sehingga membuat peserta didik sulit untuk mengembangkan kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan pada penerapan model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPAS dan mengetahui perbedaan yang signifikan penerapan model Project Based Learning. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Populasi dan sampel penelitian adalah 34 peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPAS yang ditunjukan dengan regresi linear sederhana diperoleh nilai signifikansi 0,002 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji independent sample t test menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: Kemampuan berpikir kreatif, model project based learning PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 1 SIDOKERTO AV - restricted ER -