creators_name: FAURIZA, AGUSTINA creators_id: 2153053004 type: other datestamp: 2025-05-23 03:59:31 lastmod: 2025-05-23 03:59:31 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 1 SIDOKERTO ispublished: pub subjects: 300 subjects: 372 full_text_status: restricted abstract: Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif di kelas IV A SD Negeri 1 Sidokerto karena terbatasnya variasi model pembelajaran yang belum diterapkan secara optimal di kelas sehingga membuat peserta didik sulit untuk mengembangkan kreativitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan pada penerapan model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPAS dan mengetahui perbedaan yang signifikan penerapan model Project Based Learning. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain penelitian menggunakan nonequivalent control group design. Populasi dan sampel penelitian adalah 34 peserta didik. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model Project Based Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada pembelajaran IPAS yang ditunjukan dengan regresi linear sederhana diperoleh nilai signifikansi 0,002 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji independent sample t test menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci: Kemampuan berpikir kreatif, model project based learning date: 2025-04-22 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 2153053004 citation: FAURIZA, AGUSTINA (2025) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 1 SIDOKERTO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/87466/1/ABSTRAK%20%28ABSTRACT%29.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/87466/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/87466/3/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf