%0 Generic %A Sekar, Tyas Ayu Ningrum %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:87467 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PESERTA DIDIK KELAS 1 SD NEGERI 3 SIMBARWARINGIN %U http://digilib.unila.ac.id/87467/ %X Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenai kesulitan membaca permulaan yang menjadikan kendala peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di dalam kelas 1 SD Negeri 3 Simbarwaringin.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas 1 SD Negeri 3 Simbarwaringin. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif. Penelitian ini melibatkan peserta didik, pendidik, dan orang tua. Data diperoleh melalui wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling, yaitu pengambilan data dengan berbagai pertimbangan. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas 1 dilihat dengan menggunakan lima aspek EGRA terdapat 7 peserta didik dengan kategori membaca sangat baik, 8 peserta didik dengan kategori membaca baik, 7 peserta didik dengan kategori membaca cukup, dan 5 peserta didik dengan kategori membaca kurang. Rata-rata kemampuan membaca permulaan peserta didik kelas 1 SD Negeri 3 Simbarwaringin ialah 74,25 masuk dalam kategori baik. Kemampuan membaca permulaan peserta didik tersebut dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Kata kunci: kemampuan membaca, membaca permulaa, peserta didik