title: KEMAMPUAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA IMPLEMENTASI MODEL OBAK DITINJAU BERDASARKAN ASESMEN DIAGNOSTIK KOGNITIF creator: ANNISA ASYAFA, PUTRI SADEWI subject: 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam subject: 570 Biologi description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui implementasi model pembelajaran OBAK (Observasi, Berpikir Analisis, dan Komunikasi) ditinjau berdasarkan asesmen diagnostik kognitif. Peserta didik diklasifikasikan ke dalam tiga kategori: paham utuh, paham sebagian, dan tidak paham. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest dengan sampel sebanyak 44 peserta didik kelas VIII SMPN 2 Terbanggi Besar yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data penelitian meliputi hasil pretest-posttest, nilai N-gain, dan tanggapan peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata N-gain tertinggi pada kelompok paham utuh (0,74/kategori tinggi), diikuti kelompok paham sebagian (0,56/kategori sedang), dan kelompok tidak paham (0,3/kategori rendah). Hasil uji ANOVA menunjukkan terdapat perbedaan signifikan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada masing-masing kelompok (Sig.0,00 < 0,05), yang diperkuat oleh hasil uji BNT (Sig. 0,00 < 0,05). Tanggapan peserta didik terhadap model OBAK menunjukkan keterlibatan yang baik dalam proses pembelajaran tanpa kecenderungan sikap positif maupun negatif yang dominan. Kata Kunci: Asesmen Diagnostik Kognitif, Keterampilan Berpikir Kritis, Model OBAK publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) date: 2025-05-06 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87478/1/ABSTRAK%20SKRIPSI%20DIGILIB.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87478/2/SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20LAMPIRAN.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87478/3/SKRIPSI%20TANPA%20PEMBAHASAN.pdf identifier: ANNISA ASYAFA, PUTRI SADEWI (2025) KEMAMPUAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA IMPLEMENTASI MODEL OBAK DITINJAU BERDASARKAN ASESMEN DIAGNOSTIK KOGNITIF. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP), UNIVERSITAS LAMPUNG. relation: http://digilib.unila.ac.id/87478/