@misc{eprints87479, month = {Mei}, title = {PENGARUH PERMAINAN BOWLING MODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN}, author = {DAMAYANTI ALFINA}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2025}, url = {http://digilib.unila.ac.id/87479/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan bowling modifikasi terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 4-5 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Pre- Experimental. Penelitian ini menggunakan desain One Group Pretest-Posttest. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 anak yang berusia 4-5 tahun. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi. Observasi dilakukan dengan menggunakan lembar observasi yang telah diuji validitas dan reabilitasnya dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dan dinyatakan sangat reliabel dengan skor X sebesar 0,705 dan skor Y sebesar 0,428. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu N-Gain dan Uji Wilcoxon Signed Ranks Test. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan rata-rata skor N-Gain sebesar 0,039 yang berarti bahwa pengaruh permainan bowling modifikasi terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak berada pada kategori rendah. Kemudian, berdasarkan hasil pengujian menggunakan Uji Wilcoxon Signed Ranks Test didapatkan nilai sig. (2-tailed) sebesar (0,001 {\ensuremath{<}} 0,05) maka Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara nilai pretest dan posttest yang artinya terdapat pengaruh permainan bowling modifikasi terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 4-5 tahun di TK Kartika II/27 Bandar Lampung. Kata Kunci: Permainan Bowling Modifikasi, Lambang Bilangan, Anak Usia Dini} }