%0 Thesis %9 Masters %A Yesica Novariza, 1323012020 %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2015 %F eprints:8749 %I Universitas Lampung %T MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS KEISLAMAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM TERPADU MIFTAHUL JANNAH BANDAR LAMPUNG %U http://digilib.unila.ac.id/8749/ %X Abstrak Bahasa Indonesia Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) perencanaan kurikulum di sekolah Islam terpadu, 2) proses implementasi kurikulum di sekolah Islam terpadu, 3) sistem evaluasi pembelajaran di sekolah islam terpadu dan 4) partisipasi masyarakat di sekolah islam terpadu.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif melalui pengamatan yang intensif dalam situasi yang wajar (natural setting). Penelitian ini dilaksanakan di SMP IT Miftahul Jannah Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik induktif-konseptualistik. Pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah menggunakan triangulasi metode dan sumber, baik triangulasi within menthod maupun triangulasi between menthod. Hasil Penelitian ini menunjukkan: 1) Pada proses perencanaan pembelajaran tepatnya pada proses pembuatan RPP terdapat hal yang berbeda dari pembuatan RPP biasanya. Hal ini terlihat pada RPP terdapat tambahan ayat-ayat Al-qur’an sebagai salah satu ciri khas yang berbeda dari sekolah pada umumnya, 2) pelaksanaan kurikulum di SMP IT Miftahul Jannah menggunakan penggabungan dua kurikulum yang menghadirkan sebuah model kurikulum yang mengacu pada teknologi sains dan pendidikan yang berkarakter, 3) sistem evaluasi di SMP IT Miftahul Jannah terdiri dari penilaian otentik dan ujian tahsin tahfidz. Akan tetapi, belum melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang memuat ayat-ayat yang diimplementasikan pada saat kegiatan belajar mengajar seperti belum memberikan tugas portofolio. dan 4) partisipasi masyarakat di SMP IT Miftahul Jannah berupa saran-saran perbaikan dalam proses pembelajaran di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian dihasilkan integrasi model kurikulum. Abstract Bahasa Inggris This study aimed to describe: 1) planning of Islamic-based curriculum, 2) process of implementation of the curriculum, 3) learning evaluation, and 4) community participation in integrated Islamic Junior High School (SMP IT) Miftahul Jannah Bandar Lampung.This study used a qualitative research design, through intensive observation in normal circumstances (natural setting). The research was conducted in SMP IT Miftahul Jannah Bandar Lampung. Data were collected using interviews, observation and documentation. The collected data were then analyzed using inductive-conceptualistic technique. The validity of the data in this study used triangulation method and sources, both triangulation within methods and triangulation between methods.The results of this study are: 1) On the planning process of learning precisely on the process of making lesson plans there are different things from the manufacture of lesson plans usually. This looks at lesson plans there are additional verses the al- qur’an as one of the unique characteristics of different from the school in general, 2) The implementation of the curriculum in SMP IT Miftahul Jannah the use of two coalescing the curriculum presents a curriculum model based on science technology and character education, 3) A system of evaluation in SMP IT Miftahul Jannah consisting of an authentic assessment and exams tahsin tahfidz. However , not evaluating learning that contain passages implemented at the time learning activities such as not give an assignment portfolio, and 4) community participation in SMP IT Miftahul Jannah was in the forms of suggestions for improvement in the learning process in the school. Based on the results of research produced integration model curriculum.