%0 Thesis %9 Masters %A ENI , PURWANTI %B FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %D 2024 %F eprints:87509 %I UNIVERSITAS LAMPUNG %T PENGEMBANGAN MEDIA AUTHORING TOOLS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SEKOLAH DASAR %U http://digilib.unila.ac.id/87509/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa (1) Potensi dan kondisi dikembangkan media authoring tools (2) Proses pengembangan media authoring tools (3). Kemenarikan produk pengembangan media authoring tools (4) Efektifitas penggunaan media authoring tools (5) Efisiensi penggunaan media authoring tools. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan desain ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah 49 siswa kelas V di SD Negeri 02 Sidomukti. Metode pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan tes. Hasil penelitian ini adalah (1), potensi siswa dapat menggunakan media authoring tools dan kondisi sarana prasarana di SD Negeri 02 Sidomukti sangat mendukung dan memungkinkan untuk dilakukan pengembangan media pembelajaran authoring tools. (2). Produk divalidasi oleh tim ahli materi nilai 90,91% (sangat layak), ahli media nilai 81% (sangat layak), ahli desain nilai 93% (sangat layak) (3). Kemenarikan produk pengembangan media authoring tools dengan nilai rata-rata 89% (menarik) (4). Penggunaan media efisien digunakan dalam pembelajaran, dengan rata-rata nilai efisiensi 1 (sedang) (5). Media pembelajaran efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan nilai rata- rata gain ternormalisasi 0,62 (sedang). Kata Kunci : authoring tools, hasil belajar, matematika This study aims to analyze (1) The potential and conditions for developing media authoring tools (2) The process of developing media authoring tools (3). The attractiveness of the product of developing media authoring tools (4) The effectiveness of using media authoring tools (5) The efficiency of using media authoring tools. This study is a development research using the ADDIE design. The subjects in this study were 49 fifth grade students at SD Negeri 02 Sidomukti. The data collection method used questionnaires, observations and tests. The results of this study are (1), the potential of students to use media authoring tools and the condition of the facilities and infrastructure at SD Negeri 02 Sidomukti are very supportive and allow for the development of learning media authoring tools. (2). The product was validated by a team of material experts with a value of 90.91% (very feasible), media experts with a value of 81% (very feasible), design experts with a value of 93% (very feasible) (3). The attractiveness of the product of developing media authoring tools with an average value of 89% (interesting) (4). The use of efficient media is used in learning, with an average efficiency value of 1 (moderate) (5). Learning media is effective in improving students' mathematics learning outcomes with an average normalized gain value of 0.62 (moderate). Keywords: authoring tools, learning outcomes, mathematics.