@misc{eprints87541, month = {Juli}, title = {STRATEGI SCAFFOLDING PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING SECARA BLENDED UNTUK MEMBELAJARKAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS LAMPUNG}, author = {Nurmalisa Yunisca }, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/87541/}, abstract = {Tujuan penelitian ini mengembangkan Strategi Scaffolding Pada Model Problem Based Learning Secara Blended yang memiliki validitas, kepraktisan, dan keefektifan untuk Membelajarkan Pendidikan Kewarganegaraan pada Mahasiswa dalam berpikir kritis. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama meliputi penyelidikan awal dan perumusan model pembelajaran konseptual (teoretis). Penelitian pendahuluan diperlukan untuk menggali dan menyelidiki data-data yang diperlukan serta menggali fokus, tema, dan data awal penelitian melalui penyelidikan empiris dan teoritis. Selain itu, berkolaborasi untuk membuat model konseptual (teoritis) dan bersosialisasi dengan mahasiswa. Model konseptual divalidasi oleh para pakar yang bekerja dalam bidang keahliannya. Untuk memastikan bahwa model konseptual memiliki dasar teori yang solid dan sesuai dengan standar ilmiah, tahapan validasi dilakukan. Strategi yang dikembangkan pada penelitian ini adalah membuat bantuan pembelajaran yang disisipkan pada langkah pembelajaran Problem Based Learning. Hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwa bantuan yang dilakukan dalam pembelajaran merupakan analisis keterampilan pemahaman bermanfaat dalam lingkungan belajar konstruktivis karena membantu mahasiswa dalam pemecahan masalah yang tidak jelas dan membantu mereka menyusun hubungan antara konsep, aturan, dan prinsip. Berdasarkan dari temuan penelitian dapat dilihat dari karakteristik mahasiswa yang dimiliki setiap prodi berbeda sehingga hasil yang didapat juga bervariasi. Mahasiswa dari Prodi dengan jurusan Bahasa Asing dalam hal ini Prodi Bahasa Perancis, ketika diberikan startegi scaffolding kurang efektif dibandingkan dengan Prodi dari jurusan sains yaitu Prodi Matematika dan Prodi dari jurusan Sosial yaitu Prodi PPKn. Kata Kunci : Strategi, Scaffolding, PBL, Blended, Kewarganegaraan This research aims to develop a scaffolding strategy in the blended problem-based learning model which has validity, practicality, and effectiveness for teaching civics education to students in critical thinking. This research is conducted in two steps. The first stage includes the initial investigation and formulation of a conceptual (theoretical) learning model. Preliminary research is needed to explore and investigate the required data as well as explore the focus, themes, and initial research data through empirical and theoretical investigations. In addition, they will collaborate to create conceptual (theoretical) models and socialize with students. After that, the conceptual model is validated by experts working in their field of expertise. To ensure that the conceptual model has a solid theoretical basis and follows scientific standards, a validation stage is carried out. The strategy developed in this research is to create learning aids that are inserted into the Problem-Based Learning steps. The results of this research illustrate that the assistance provided in learning is the analysis of comprehension skills which is useful in a constructivist learning environment because it helps students in solving unclear problems and helps them establish relationships between concepts, rules, and principles. Based on the research findings, it can be seen that the student characteristics of each study program are different so the results obtained also vary. Students from study programs majoring in foreign languages, in this case, the French language study program, when given the scaffolding strategy are less effective compared to study programs from the science department, namely the Mathematics Study Program and study programs from the Social Department, namely the Civics Study Program. Keywords: Strategy, Scaffolding, PBL, Blended, Citizenship} }