<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "STRATEGI SCAFFOLDING PADA MODEL PROBLEM BASED\r\nLEARNING SECARA BLENDED UNTUK MEMBELAJARKAN\r\nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MAHASISWA\r\n\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG"^^ . "Tujuan penelitian ini mengembangkan Strategi Scaffolding Pada Model Problem Based\r\nLearning Secara Blended yang memiliki validitas, kepraktisan, dan keefektifan untuk\r\nMembelajarkan Pendidikan Kewarganegaraan pada Mahasiswa dalam berpikir kritis.\r\nPenelitian ini dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama meliputi penyelidikan awal\r\ndan perumusan model pembelajaran konseptual (teoretis). Penelitian pendahuluan\r\ndiperlukan untuk menggali dan menyelidiki data-data yang diperlukan serta menggali\r\nfokus, tema, dan data awal penelitian melalui penyelidikan empiris dan teoritis. Selain\r\nitu, berkolaborasi untuk membuat model konseptual (teoritis) dan bersosialisasi dengan\r\nmahasiswa. Model konseptual divalidasi oleh para pakar yang bekerja dalam bidang\r\nkeahliannya. Untuk memastikan bahwa model konseptual memiliki dasar teori yang\r\nsolid dan sesuai dengan standar ilmiah, tahapan validasi dilakukan. Strategi yang\r\ndikembangkan pada penelitian ini adalah membuat bantuan pembelajaran yang\r\ndisisipkan pada langkah pembelajaran Problem Based Learning. Hasil penelitian ini\r\nmemberikan gambaran bahwa bantuan yang dilakukan dalam pembelajaran merupakan\r\nanalisis keterampilan pemahaman bermanfaat dalam lingkungan belajar konstruktivis\r\nkarena membantu mahasiswa dalam pemecahan masalah yang tidak jelas dan\r\nmembantu mereka menyusun hubungan antara konsep, aturan, dan prinsip.\r\nBerdasarkan dari temuan penelitian dapat dilihat dari karakteristik mahasiswa yang\r\ndimiliki setiap prodi berbeda sehingga hasil yang didapat juga bervariasi. Mahasiswa\r\ndari Prodi dengan jurusan Bahasa Asing dalam hal ini Prodi Bahasa Perancis, ketika\r\ndiberikan startegi scaffolding kurang efektif dibandingkan dengan Prodi dari jurusan\r\nsains yaitu Prodi Matematika dan Prodi dari jurusan Sosial yaitu Prodi PPKn.\r\nKata Kunci : Strategi, Scaffolding, PBL, Blended, Kewarganegaraan\r\nThis research aims to develop a scaffolding strategy in the blended problem-based\r\nlearning model which has validity, practicality, and effectiveness for teaching civics\r\neducation to students in critical thinking. This research is conducted in two steps. The\r\nfirst stage includes the initial investigation and formulation of a conceptual\r\n(theoretical) learning model. Preliminary research is needed to explore and investigate\r\nthe required data as well as explore the focus, themes, and initial research data\r\nthrough empirical and theoretical investigations. In addition, they will collaborate to\r\ncreate conceptual (theoretical) models and socialize with students. After that, the\r\nconceptual model is validated by experts working in their field of expertise. To ensure\r\nthat the conceptual model has a solid theoretical basis and follows scientific standards,\r\na validation stage is carried out. The strategy developed in this research is to create\r\nlearning aids that are inserted into the Problem-Based Learning steps. The results of\r\nthis research illustrate that the assistance provided in learning is the analysis of\r\ncomprehension skills which is useful in a constructivist learning environment because\r\nit helps students in solving unclear problems and helps them establish relationships\r\nbetween concepts, rules, and principles. Based on the research findings, it can be\r\nseen that the student characteristics of each study program are different so the results\r\nobtained also vary. Students from study programs majoring in foreign languages, in\r\nthis case, the French language study program, when given the scaffolding strategy are\r\nless effective compared to study programs from the science department, namely the\r\nMathematics Study Program and study programs from the Social Department, namely\r\nthe Civics Study Program.\r\nKeywords: Strategy, Scaffolding, PBL, Blended, Citizenship"^^ . "2024-07-22" . . . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN "^^ . . . . . . . "Nurmalisa\t"^^ . "Yunisca "^^ . "Nurmalisa\t Yunisca "^^ . . . . . . "STRATEGI SCAFFOLDING PADA MODEL PROBLEM BASED\r\nLEARNING SECARA BLENDED UNTUK MEMBELAJARKAN\r\nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MAHASISWA\r\n\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "ABSTRAK - YUNISCA NURMALISA.pdf"^^ . . . "STRATEGI SCAFFOLDING PADA MODEL PROBLEM BASED\r\nLEARNING SECARA BLENDED UNTUK MEMBELAJARKAN\r\nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MAHASISWA\r\n\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "Disertas tanpa pembahasan - YUNISCA NURMALISA.pdf"^^ . . . "STRATEGI SCAFFOLDING PADA MODEL PROBLEM BASED\r\nLEARNING SECARA BLENDED UNTUK MEMBELAJARKAN\r\nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MAHASISWA\r\n\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (File PDF)"^^ . . . "STRATEGI SCAFFOLDING PADA MODEL PROBLEM BASED\r\nLEARNING SECARA BLENDED UNTUK MEMBELAJARKAN\r\nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MAHASISWA\r\n\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STRATEGI SCAFFOLDING PADA MODEL PROBLEM BASED\r\nLEARNING SECARA BLENDED UNTUK MEMBELAJARKAN\r\nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MAHASISWA\r\n\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STRATEGI SCAFFOLDING PADA MODEL PROBLEM BASED\r\nLEARNING SECARA BLENDED UNTUK MEMBELAJARKAN\r\nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MAHASISWA\r\n\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STRATEGI SCAFFOLDING PADA MODEL PROBLEM BASED\r\nLEARNING SECARA BLENDED UNTUK MEMBELAJARKAN\r\nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MAHASISWA\r\n\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "STRATEGI SCAFFOLDING PADA MODEL PROBLEM BASED\r\nLEARNING SECARA BLENDED UNTUK MEMBELAJARKAN\r\nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MAHASISWA\r\n\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "STRATEGI SCAFFOLDING PADA MODEL PROBLEM BASED\r\nLEARNING SECARA BLENDED UNTUK MEMBELAJARKAN\r\nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MAHASISWA\r\n\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "STRATEGI SCAFFOLDING PADA MODEL PROBLEM BASED\r\nLEARNING SECARA BLENDED UNTUK MEMBELAJARKAN\r\nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MAHASISWA\r\n\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI SCAFFOLDING PADA MODEL PROBLEM BASED\r\nLEARNING SECARA BLENDED UNTUK MEMBELAJARKAN\r\nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MAHASISWA\r\n\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "STRATEGI SCAFFOLDING PADA MODEL PROBLEM BASED\r\nLEARNING SECARA BLENDED UNTUK MEMBELAJARKAN\r\nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MAHASISWA\r\n\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "STRATEGI SCAFFOLDING PADA MODEL PROBLEM BASED\r\nLEARNING SECARA BLENDED UNTUK MEMBELAJARKAN\r\nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MAHASISWA\r\n\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "STRATEGI SCAFFOLDING PADA MODEL PROBLEM BASED\r\nLEARNING SECARA BLENDED UNTUK MEMBELAJARKAN\r\nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MAHASISWA\r\n\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "STRATEGI SCAFFOLDING PADA MODEL PROBLEM BASED\r\nLEARNING SECARA BLENDED UNTUK MEMBELAJARKAN\r\nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MAHASISWA\r\n\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI SCAFFOLDING PADA MODEL PROBLEM BASED\r\nLEARNING SECARA BLENDED UNTUK MEMBELAJARKAN\r\nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MAHASISWA\r\n\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI SCAFFOLDING PADA MODEL PROBLEM BASED\r\nLEARNING SECARA BLENDED UNTUK MEMBELAJARKAN\r\nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MAHASISWA\r\n\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . . "STRATEGI SCAFFOLDING PADA MODEL PROBLEM BASED\r\nLEARNING SECARA BLENDED UNTUK MEMBELAJARKAN\r\nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MAHASISWA\r\n\r\nUNIVERSITAS LAMPUNG (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #87541 \n\nSTRATEGI SCAFFOLDING PADA MODEL PROBLEM BASED \nLEARNING SECARA BLENDED UNTUK MEMBELAJARKAN \nPENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA MAHASISWA \n \nUNIVERSITAS LAMPUNG\n\n" . "text/html" . . . "300 Ilmu sosial" . . . "370 Pendidikan" . .