@misc{eprints87548, month = {Juli}, title = {PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS MA AL-FATAH NATAR}, author = { Zandra Aldi}, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG }, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN }, year = {2024}, url = {http://digilib.unila.ac.id/87548/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kemandirian belajar dan manajemen waktu terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS MA Al-Fatah Natar. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif verifikatif dengan pendekatan ex post facto dan survei. Seluruh siswa kelas XI IPS yang berjumlah 56 siswa merupakan populasi dalam penelitian. Dengan teknik pengambilan sampel yaitu sampel jenuh, sehingga sampel merupakan total keseluruhan populasi. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji t melalui analisis regresi sederhana untuk menguji tingkat pengaruh secara parsial dan uji F melalui analisis regresi berganda untuk menguji tingkat pengaruh secara simultan. Berdasarkan pengujian hipotesis secara simultan, diperoleh nilai Fhitung {\ensuremath{>}} Ftabel 10,504 {\ensuremath{>}} 3,172 atau dengan nilai R 2 sebesar 0,284 atau 28,4\% yang bermakna seluruh variabel bebas memiliki pengaruh terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS MA Al-Fatah Natar. Kata kunci : Hasil belajar ekonomi, kemandirian belajar, manajemen waktu This research aims to examine the influence of the independence in learning and time management on the economic learning outcome of the students of XI IPS class in MA Al-Fatah Natar. This research uses the desrciptive-verification method with quantitative approaches. the population in this study is active students of XI IPS class in MA Al-Fatah Natar . this study uses 56 students as the population and is using total sampling, making the whole population the sample of this research. Hypothesis testing is carried out using t test through simple regression analysis to test the level of influence partially and F test through multiple regression analysis to test the level of influence simultaneously. Based on simultaneous hypothesis testing, Fcalculate {\ensuremath{>}} Ftable values or 10.504 {\ensuremath{>}} 3.172 was obtained with an R 2 value of 0.284 or 28.4\% which means that all independent variables have an influence on the economic learning outcome of the students of XI IPS class in MA Al-Fatah Natar. Keywords : Economic learning outcome, independent learning, time management} }