title: PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEBAT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR creator: Uning, Hafifah subject: 300 Ilmu sosial subject: 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial description: Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Serdang yang berpengaruh terhadap hasil belajar khususnya pendidikan Pancasila karena kurangnya keaktifan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V di sekolah dasar pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila menggunakan metode debat. Metode penelitian ini adalah quasi experimen group design dengan bentuk yang digunakan non equivalent control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 70 peserta didik dan sampel yang digunakan yaitu 50 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan rumus uji regresi linier sederhana dengan hasil 0,00 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan metode debat terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran pendidikan Pancasila peserta didik kelas V di SD Negeri 1 Serdang. Kata kunci: kemampuan berpikir kritis, metode debat, pendidikan pancasila. publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan date: 2025-04-14 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87551/1/Abstrak_UningHafifah.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87551/2/Skripsi%20full%20Tanpa%20Lampiran.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87551/3/Skripsi%20Tanpa%20Pembahasan.pdf identifier: Uning, Hafifah (2025) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DEBAT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PESERTA DIDIK KELAS V DI SEKOLAH DASAR. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung. relation: http://digilib.unila.ac.id/87551/