@misc{eprints8756,
           month = {April},
           title = {PENGARUH MEDIA MAKET TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI
OLEH SISWA PADA MATERI
POKOK EKOSISTEM
(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Tulang Bawang Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014)},
          author = {0813024033 Imatul Khoiriyah},
         address = {Universitas Lampung},
       publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan},
            year = {2015},
             url = {http://digilib.unila.ac.id/8756/},
        abstract = {ABSTRAK
PENGARUH MEDIA MAKET TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN PENGUASAAN MATERI
OLEH SISWA PADA MATERI
POKOK EKOSISTEM
(Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Tulang Bawang Tengah Tahun Pelajaran 2013/2014)
Oleh
IMATUL KHOIRIYAH
Hasil observasi dan wawancara dengan biologi yang mengajar di kelas X SMA Negeri 1 Tulang Bawang Tengah, diketahui bahwa hasil belajar siswa masih rendah. Hal ini dikarenakan guru masih sering menggunakan metode ceramah dan media yang digunakan hanya berupa gambar, akibatnya kurang merangsang aktivitas belajar dan penguasaan materi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar dan penguasaan materi siswa melalui penggunaan media maket.
Penelitian ini merupakan kuasi eksperimental dengan desain pretes postes non equivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas X1 dan X2 yang dipilih dari populasi secara purposive sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantatif diperoleh dari hasil belajar siswa yaitu rata- rata nilai pretes, postes, dan N-gain yang di analisis secara statistik menggunakan uji-t pada
taraf kepercayaan 5\%. Data kualitatif berupa aktivitas belajar siswa dan tanggapan siswa terhadap penggunaan media maket yang di analisis secara deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media maket dapat meningkatkan penguasaan materi siswa dengan rata- rata N-gain indikator C2 sebesar 0,69, indikator C4 sebesar 0,75. Selain itu aktivitas belajar siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Pada aspek bertanya sebesar 63,44 \%, aspek memberikan ide/ pendapat sebesar 93,55 \%, aspek berkomunikasi dalam kelompok 82,80 \%, dan aspek menjawab pertanyaan sebesar 88, 50 \%. Disamping itu, sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan media maket ketika proses belajar mengajar. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan media maket berpengaruh terhadap aktivitas belajar dan penguasaan materi oleh siswa.
Kata kunci : aktivitas belajar, media maket, penguasaan materi.}
}