%0 Generic %A DEBORA AYU LESTARI, SIANTURI %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:87560 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %T STUDI KOMPARATIF KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA ANTARA PESERTA DIDIK DI BUCEILS-HS, FILIPINA, DAN SMA NEGERI 2 BANDAR LAMPUNG, INDONESIA %U http://digilib.unila.ac.id/87560/ %X Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah fisika antara peserta didik di BUCEILS-HS, Filipina, dan SMA Negeri 2 Bandar Lampung, Indonesia. Sampel penelitian terdiri atas peserta didik kelas XII STEM di BUCEILS-HS dan kelas XI FB-3 di SMA Negeri 2 Bandar Lampung pada tahun ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok, di mana peserta didik di SMA Negeri 2 Bandar Lampung memiliki kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah fisika yang lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik di BUCEILS-HS. Dalam kemampuan berpikir kritis, sebagian besar indikator di BUCEILS-HS berada pada kategori sedang, kecuali indikator mengatur strategi dan taktik yang berada pada kategori rendah, sedangkan di SMA Negeri 2 Bandar Lampung sebagian besar indikator berada pada kategori tinggi. Sementara itu, dalam kemampuan pemecahan masalah fisika, seluruh indikator di BUCEILS-HS berada pada kategori tinggi, sedangkan di SMA Negeri 2 Bandar Lampung sebagian besar indikator berada pada kategori sangat tinggi. Perbedaan ini didukung oleh hasil uji statistik, yaitu uji Independent Sample T-Test dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 untuk kemampuan berpikir kritis dan uji Mann-Whitney dengan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 untuk kemampuan pemecahan masalah fisika.