?url_ver=Z39.88-2004&rft_val_fmt=info%3Aofi%2Ffmt%3Akev%3Amtx%3Adc&rft.title=PENGARUH+MEDIA+PERMAINAN+EDUKATIF+TERHADAP+KEMAMPUAN+MATEMATIKA+PADA+ANAK+USIA+5-6+TAHUN&rft.creator=Rizka+Amalia%2C+Nur+Fadhila&rft.subject=372+Pendidikan+dasar&rft.description=Permasalahan+yang+dihadapi+dalam+penelitian+ini+adalah+rendahnya+kemampuan+matematika+pada+anak+usia+5-6+tahun%2C+akibat+metode+pembelajaran+yang+kurang+interaktif.+Tujuan+dari+penelitian+ini+adalah+untuk+mengetahui+pengaruh+media+permainan+edukatif+menggunakan+papan+monopoli%2C+terhadap+peningkatan+pemahaman+matematika+anak.+Penelitian+ini+menggunakan+pendekatan+kuantitatif+dengan+metode+quasi+eksperimen+(non-equivalent+control+group+design)%2C+sampel+dalam+penelitian+ini+berjumlah+18+anak+yang+dipilih+melalui+teknik+purposive+sampling.+Data+dikumpulkan+melalui+observasi%2C+kemudian+dianalisis+menggunakan+N-Gain+dan+diuji+menggunakan+rumus+Mann-Whitney.+Hasil+menunjukkan+bahwa+N-Gain+sebesar+0%2C84+(kategori+tinggi)+dan+uji+Mann-Whitney+(Sig.+0%2C000+%3C+0%2C05).+Hasil+ini+menunjukkan+perbedaan+signifikan+antara+kelas+eksperimen+dan+kontrol.+Hipotesis+alternatif+(Ha)+diterima%2C+yang+berarti+permainan+edukatif+menggunakan+monopoli+berpengaruh+signifikan+terhadap+peningkatan+kemampuan+matematika+anak.+%0D%0A%0D%0AKata+Kunci%3A+Kemampuan+Matematika%2C+Permainan+Edukatif%2C+Papan+Monopoli%2C+Anak+Usia+5-6+Tahun%0D%0A&rft.publisher=Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan&rft.date=2025-05-23&rft.type=Skripsi&rft.type=NonPeerReviewed&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87567%2F1%2FABSTRAK.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87567%2F2%2FSKRIPSI%2520FULL.pdf&rft.format=text&rft.identifier=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87567%2F3%2FSKRIPSI%2520TANPA%2520BAB%2520PEMBAHASAN.pdf&rft.identifier=++Rizka+Amalia%2C+Nur+Fadhila++(2025)+PENGARUH+MEDIA+PERMAINAN+EDUKATIF+TERHADAP+KEMAMPUAN+MATEMATIKA+PADA+ANAK+USIA+5-6+TAHUN.++Fakultas+Keguruan+dan+Ilmu+Pendidikan%2C+Universitas+Lampung.+++++&rft.relation=http%3A%2F%2Fdigilib.unila.ac.id%2F87567%2F