TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints87587 UR - http://digilib.unila.ac.id/87587/ A1 - JIHAN , TAMA FARASISKA Y1 - 2025/04/28/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis classroom discourse yang terjadi pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, dengan fokus pada kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Partisipan utama dalam penelitian ini adalah guru matematika dan 12 siswa kelas VII-1 SMP Negeri 26 Bandar Lampung semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025 yang dikelompokkan ke dalam kelompok siswa dengan kemampuan matematis tinggi, sedang, rendah, dan campuran. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dipastikan melalui triangulasi. Analisis data dilakukan melalui tiga proses, yaitu kondensasi data, penyajian data, penarikan dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bentuk classroom discourse yang dominan dimunculkan oleh siswa adalah questions dan answers; (2) indikator kemampuan berpikir kritis yang dominan muncul dalam classroom discourse adalah evaluasi; dan (3) kelompok yang dominan memunculkan classroom discourse adalah kelompok siswa dengan kemampuan matematis sedang. Kata Kunci: classroom discourse, kemampuan berpikir kritis, kemampuan matematis PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - ANALISIS CLASSROOM DISCOURSE PADA MATERI PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL AV - restricted ER -