creators_name: Hasni , Septiani creators_id: 2113053097 type: other datestamp: 2025-05-23 08:07:47 lastmod: 2025-05-23 08:07:47 metadata_visibility: show title: PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA APLIKASI SPINNING WHEEL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR ispublished: pub subjects: 370 subjects: 372 subjects: 607 full_text_status: restricted abstract: Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPAS peserta didik kelas V SD Negeri 5 Metro pusat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model problem based learning berbantuan media aplikasi spinning wheel terhadap hasil belajar IPAS peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperiment) dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 59 orang peserta didik dengan sampel yang digunakan berjumlah 40 orang peserta didik dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan non tes. Data dianalisis menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh penggunaan model problem based learning berbantuan media aplikasi spinning wheel terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas V SD Negeri 5 Metro Pusat tahun ajaran 2024/2025. Kata Kunci: hasil belajar, model problem based learning, spinning wheel. date: 2025-04-23 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG citation: Hasni , Septiani (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA APLIKASI SPINNING WHEEL TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/87598/1/1.%20ABSTRAK-ABSTRACT.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/87598/2/2.%20SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/87598/3/3.%20SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf