creators_name: Chici , Maryunah creators_id: 2113031021 type: other datestamp: 2025-05-23 08:10:01 lastmod: 2025-05-23 08:10:01 metadata_visibility: show title: STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT DAN GRAFIS DENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI 4 GADING REJO ispublished: pub subjects: 370 subjects: 400 subjects: 407 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini di latar belakangi rendahnya hasil belajar IPS, perbedaan aktivitas belajar siswa, dan penerapan media pembelajaran masih kurang bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji tentang perbedaan hasil belajar menggunakan media pembelajaran powerpoint dan grafis dengan memperhatikan aktivitas belajar. Metode yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan komparatif, desain faktorial 2x2. Sampelnya berjumlah 64 orang siswa melalui teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, eksperimen, tes, angket dan dokumentasi. Sementara, untuk pengujian hipotesis menggunakan Analisis Varians Dua Jalan (Anava) dan T-test Dua Sampel Independen. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar pada mata pelajaran IPS siswa yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran powerpoint dan grafis; 2) Terdapat perbedaan hasil belajar IPS siswa yang aktivitas belajarnya tinggi dengan hasil belajar IPS siswa yang aktivitas belajarnya rendah; 3) Rata-rata hasil belajar IPS siswa yang pembelajarannya dengan menggunakan media pembelajaran powerpoint lebih tinggi dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran grafis pada siswa dengan aktivitas belajar yang tinggi; 4) Rata-rata hasil belajar IPS siswa yang pembelajarannya dengan menggunakan media pembelajaran grafis lebih rendah dibandingkan yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran powerpoint pada siswa dengan aktivitas belajar yang rendah; dan 5) Tidak terdapat interaksi pada penggunaan media pembelajaran dengan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Gading Rejo. Kata kunci: aktivitas belajar, hasil belajar IPS, media pembelajaran powerpoint dan grafis. This research is motivated by low social studies learning outcomes, differences in student learning activities, and the application of learning media is still less varied. The purpose of this study was to examine the differences in learning outcomes using powerpoint and graphic learning media with respect to learning activities. The method used is experimental with a comparative approach, 2x2 factorial design. The sample amounted to 64 students through simple random sampling technique. Data were collected using observation, interviews, experiments, tests, questionnaires and documentation. Meanwhile, for hypothesis testing using Twoway Analysis of Variance (Anava) and Two Independent Samples T-test.. The results of this study revealed that: 1) There are differences in learning outcomes in social studies subjects of students whose learning uses powerpoint and graphic learning media; 2) There are differences in social studies learning outcomes of students whose learning activities are high with social studies learning outcomes of students whose learning activities are low; 3) The average social studies learning outcomes of students whose learning using powerpoint learning media is higher than those whose learning using graphic learning media on students with high learning activities; 4) The average social studies learning outcomes of students whose learning using graphic learning media is lower than those whose learning using powerpoint learning media on students with low learning activities; and 5) There is no interaction on the use of learning media with student learning activities in social studies subjects of VIII grade students of SMP Negeri 4 Gading Rejo. Keywords: learning activities, social studies learning outcomes, powerpoint and graphic learning media. date: 2025-05-07 date_type: published publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN place_of_pub: UNIVERSITAS LAMPUNG id_number: 2113031021 citation: Chici , Maryunah (2025) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT DAN GRAFIS DENGAN MEMPERHATIKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA SISWA SMP NEGERI 4 GADING REJO. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG. document_url: http://digilib.unila.ac.id/87599/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/87599/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/87599/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf