<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DENGAN\r\nMARKER MENGGUNAKAN MindAR PADA MATERI\r\nPERANGKAT KERAS KOMPUTER\r\nDI SMPN 2 SUMBEREJO"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis\r\nAugmented Reality (AR) menggunakan Flashcard sebagai alat bantu dalam\r\nmemahami perangkat keras komputer bagi peserta didik. Pengembangan media ini\r\nmenggunakan model 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate) dengan\r\njenis penelitian Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data\r\ndilakukan melalui penyebaran angket untuk memperoleh data kevalidan dan\r\nkepraktisan media, serta pelaksanaan tes untuk mengukur efektivitas media\r\nterhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Uji validitas media pembelajaran\r\ndilakukan melalui penilaian oleh ahli materi dan ahli media, sedangkan uji\r\nkepraktisan melibatkan guru mata pelajaran Informatika serta peserta didik di\r\nSMPN 2 Sumberejo. Uji efektivitas media pembelajaran menggunakan metode\r\none-group pre-test post-test dengan sampel penelitian peserta didik kelas VIII.3\r\nSMPN 2 Sumberejo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi materi\r\nmemperoleh skor sebesar 77,60% dengan kategori validitas tinggi, sedangkan\r\nvalidasi media mencapai 93,5% dengan kategori validitas sangat tinggi. Uji\r\nkepraktisan yang diperoleh melalui angket respons pengguna menunjukkan bahwa\r\npenilaian dari guru mencapai 84,17% dan dari peserta didik sebesar 82,4%,\r\nsehingga media pembelajaran ini dikategorikan sebagai sangat praktis. Sementara\r\nitu, hasil uji efektivitas menunjukkan bahwa skor N-gain mencapai 67,18%, yang\r\ntermasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran\r\nFlashcard dengan marker ini terbukti valid, praktis dan efektif untuk digunakan\r\ndalam proses pembelajaran mata pelajaran informatika, khususnya pada materi\r\nPerangkat Keras Komputer.\r\nKata Kunci: augmented reality, flashcard, media pembelajaran, perangkat keras\r\nkomputer."^^ . "2025-05-02" . . . . . "FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN"^^ . . . . . . . " FEBIOLA SINAGA "^^ . "CHRISTINA"^^ . " FEBIOLA SINAGA CHRISTINA"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DENGAN\r\nMARKER MENGGUNAKAN MindAR PADA MATERI\r\nPERANGKAT KERAS KOMPUTER\r\nDI SMPN 2 SUMBEREJO (File PDF)"^^ . . . "1. ABSTRAK-ABSTRACT.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DENGAN\r\nMARKER MENGGUNAKAN MindAR PADA MATERI\r\nPERANGKAT KERAS KOMPUTER\r\nDI SMPN 2 SUMBEREJO (File PDF)"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DENGAN\r\nMARKER MENGGUNAKAN MindAR PADA MATERI\r\nPERANGKAT KERAS KOMPUTER\r\nDI SMPN 2 SUMBEREJO (File PDF)"^^ . . . "3. SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN.pdf"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DENGAN\r\nMARKER MENGGUNAKAN MindAR PADA MATERI\r\nPERANGKAT KERAS KOMPUTER\r\nDI SMPN 2 SUMBEREJO (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DENGAN\r\nMARKER MENGGUNAKAN MindAR PADA MATERI\r\nPERANGKAT KERAS KOMPUTER\r\nDI SMPN 2 SUMBEREJO (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DENGAN\r\nMARKER MENGGUNAKAN MindAR PADA MATERI\r\nPERANGKAT KERAS KOMPUTER\r\nDI SMPN 2 SUMBEREJO (Other)"^^ . . . . . . "indexcodes.txt"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DENGAN\r\nMARKER MENGGUNAKAN MindAR PADA MATERI\r\nPERANGKAT KERAS KOMPUTER\r\nDI SMPN 2 SUMBEREJO (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DENGAN\r\nMARKER MENGGUNAKAN MindAR PADA MATERI\r\nPERANGKAT KERAS KOMPUTER\r\nDI SMPN 2 SUMBEREJO (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DENGAN\r\nMARKER MENGGUNAKAN MindAR PADA MATERI\r\nPERANGKAT KERAS KOMPUTER\r\nDI SMPN 2 SUMBEREJO (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DENGAN\r\nMARKER MENGGUNAKAN MindAR PADA MATERI\r\nPERANGKAT KERAS KOMPUTER\r\nDI SMPN 2 SUMBEREJO (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DENGAN\r\nMARKER MENGGUNAKAN MindAR PADA MATERI\r\nPERANGKAT KERAS KOMPUTER\r\nDI SMPN 2 SUMBEREJO (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DENGAN\r\nMARKER MENGGUNAKAN MindAR PADA MATERI\r\nPERANGKAT KERAS KOMPUTER\r\nDI SMPN 2 SUMBEREJO (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DENGAN\r\nMARKER MENGGUNAKAN MindAR PADA MATERI\r\nPERANGKAT KERAS KOMPUTER\r\nDI SMPN 2 SUMBEREJO (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DENGAN\r\nMARKER MENGGUNAKAN MindAR PADA MATERI\r\nPERANGKAT KERAS KOMPUTER\r\nDI SMPN 2 SUMBEREJO (Other)"^^ . . . . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DENGAN\r\nMARKER MENGGUNAKAN MindAR PADA MATERI\r\nPERANGKAT KERAS KOMPUTER\r\nDI SMPN 2 SUMBEREJO (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DENGAN\r\nMARKER MENGGUNAKAN MindAR PADA MATERI\r\nPERANGKAT KERAS KOMPUTER\r\nDI SMPN 2 SUMBEREJO (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DENGAN\r\nMARKER MENGGUNAKAN MindAR PADA MATERI\r\nPERANGKAT KERAS KOMPUTER\r\nDI SMPN 2 SUMBEREJO (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DENGAN\r\nMARKER MENGGUNAKAN MindAR PADA MATERI\r\nPERANGKAT KERAS KOMPUTER\r\nDI SMPN 2 SUMBEREJO (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #87605 \n\nPENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASHCARD DENGAN \nMARKER MENGGUNAKAN MindAR PADA MATERI \nPERANGKAT KERAS KOMPUTER \nDI SMPN 2 SUMBEREJO\n\n" . "text/html" . . . "607 Pendidikan, riset, topik terkait" . .