@misc{eprints87607, month = {Mei}, title = {KECERDASAN EMOSIONAL GURU (STUDI KASUS DI GUGUS RA KARTINI METRO TIMUR)}, author = {Titis Nikmah Erma }, address = {UNIVERSITAS LAMPUNG}, publisher = {FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN}, year = {2025}, url = {http://digilib.unila.ac.id/87607/}, abstract = {Peneliti memperoleh informasi dari beberapa SD ternyata terdapat beberapa guru yang belum memahami tentang kecerdasan emosional guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kecerdasan emosional guru di Gugus RA Kartini Metro Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Gugus RA Kartini Metro Timur pada semester genap tahun pelajaran 2024/2025. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan kunci penelitian yaitu guru dan informan pendukung yaitu siswa dan kepala sekolah. Hasil penelitian ini adalah kesadaran diri (self-awareness) guru di SD Negeri Gugus RA Kartini Metro Timur sudah baik dan memiliki pola yang serupa meskipun dengan pendekatan yang bervariasi, Pengaturan diri (self-regulation) guru di SD Negeri Gugus RA Kartini Metro Timur dapat dikatakan sudah baik dimana terlihat dari strategi yang digunakan untuk mengelola emosi negatif, Motivasi (motivation) guru di SD Negeri Gugus RA Kartini Metro Timur belum sepenuhnya memiliki motivasi untuk memperbaiki mutu pembelajaran, Empati (empathy) guru di SD Negeri Gugus RA Kartini Metro Timur telah berupaya menerapkan empati dalam interaksi dengan siswa, Keterampilan sosial (social skill) guru di SD Negeri Gugus RA Kartini Metro Timur dalam aspek kecerdasan emosional, guru menujukkan kemampuan menganalisis hubungan antar siswa yang dilakukan saat membagi siswa dalam kelompok. Selain itu guru juga terampil dalam menyelesaikan konflik dimana menjadi mediator yang netral saat terjadi perselisihan antar siswa. Kata kunci : Guru, Kecerdasan emosional.} }