TY - GEN CY - UNIVERSITAS LAMPUNG ID - eprints87610 UR - http://digilib.unila.ac.id/87610/ A1 - MUHAMMAD , IQBAL Y1 - 2025/05/05/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran microlearning pada materi Sistem Bilangan Digital dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi-experimental tipe Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X TKJ 1 sebagai kelas eksperimen dan X TKJ 2 sebagai kelas kontrol di SMK Muhammadiyah 2 Kalirejo. Instrumen penelitian berupa tes pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar kognitif. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test, Mann-Whitney U Test, dan perhitungan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan di kedua kelas (Asymp. Sig = 0,000), dengan perbedaan signifikan antara kelas eksperimen dan kontrol (Asymp. Sig = 0,017). Rata-rata N-Gain kelas eksperimen sebesar 71,68 (kategori tinggi) dan kelas kontrol sebesar 46,48 (kategori sedang). Dengan demikian, pembelajaran microlearning terbukti lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dibandingkan metode konvensional. Kata kunci: microlearning, sistem bilangan digital, hasil belajar PB - FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN TI - PENERAPAN PEMBELAJARAN MICROLEARNING PADA MATERI SISTEM BILANGAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK AV - restricted ER -