@misc{eprints87611, month = {April}, title = {KEEFEKTIFAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK DALAM MENSTIMULUS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK }, author = {Adellia Gustina }, address = {Universitas Lampung}, publisher = {Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan }, year = {2025}, url = {http://digilib.unila.ac.id/87611/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas instrumen Assessment for Learning (AfL) dalam pembelajaran fisika berbasis proyek dalam menstimulus kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Sampel penelitian terdiri dari kelas X.3 sebagai kelas eksperimen dan X.5 sebagai kelas kontrol di SMAN 7 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2025/2026, dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Analisis data menggunakan perhitungan N-Gain serta uji statistik Independent Sample t-Test. Hasil menunjukkan rata-rata N-Gain kemampuan berpikir kreatif sebesar 0,69 (kategori sedang), serta nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 {\ensuremath{<}} 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan AfL dan kelas kontrol yang menggunakan konvensional pada pembelajaran fisika berbasis proyek. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa AfL efektif dalam menstimulus kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran fisika berbasis proyek.} }