creators_name: Gustina , Adellia creators_id: 2113022064 type: other datestamp: 2025-05-23 08:58:53 lastmod: 2025-05-23 08:58:53 metadata_visibility: show title: KEEFEKTIFAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK DALAM MENSTIMULUS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK ispublished: pub subjects: 370 subjects: 507 subjects: 530 full_text_status: restricted abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas instrumen Assessment for Learning (AfL) dalam pembelajaran fisika berbasis proyek dalam menstimulus kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Sampel penelitian terdiri dari kelas X.3 sebagai kelas eksperimen dan X.5 sebagai kelas kontrol di SMAN 7 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2025/2026, dengan desain Non-Equivalent Control Group Design. Analisis data menggunakan perhitungan N-Gain serta uji statistik Independent Sample t-Test. Hasil menunjukkan rata-rata N-Gain kemampuan berpikir kreatif sebesar 0,69 (kategori sedang), serta nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan AfL dan kelas kontrol yang menggunakan konvensional pada pembelajaran fisika berbasis proyek. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa AfL efektif dalam menstimulus kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran fisika berbasis proyek. date: 2025-04-28 date_type: published publisher: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan place_of_pub: Universitas Lampung id_number: 2113022064 citation: Gustina , Adellia (2025) KEEFEKTIFAN INSTRUMEN ASSESSMENT FOR LEARNING PADA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS PROYEK DALAM MENSTIMULUS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Lampung. document_url: http://digilib.unila.ac.id/87611/1/ABSTRAK.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/87611/2/SKRIPSI%20FULL.pdf document_url: http://digilib.unila.ac.id/87611/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf