%A ANDYNI MELA %T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS V SD NURUL HUDA ISLAMIC SCHOOL %X Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas V di SD Nurul Huda Islamic School pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media crossword puzzle terhadap hasil belajar IPAS peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan non tes. Menggunakan desain penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eskperimental Desain dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 78 peserta didik, dengan sampel yang digunakan adalah 26 peserta didik kelas VB sebagai kelompok eksperimen dan 26 peserta didik kelas VC sebagai kelompok kontrol, yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media teka-teki silang terhadap hasil belajar IPAS peserta didik kelas V di SD Nurul Huda Islamic School. Kata Kunci: hasil belajar, IPAS, media crossword puzzle %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %I FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN %L eprints87618