title: Pengaruh Permainan Tradisional Das Terhadap Kemampuan Matematika Permulaan pada Anak Usia 5-6 Tahun creator: Sharna Mellisa, Dhasni subject: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika subject: 510 Matematika description: Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan matematika permulaan anak usia 5-6 tahun yang membutuhkan stimulasi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional das terhadap kemampuan matematika permulaan pada anak usia 5-6 Tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental dan desain one group pretest-posttest. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 29 anak yang berusia 5-6 tahun. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi. Observasi dilakukan menggunakan lembar observasi yang telah diuji validitas dan dinyatakan valid. Lembar observasi juga diuji reliabilitas dan dinyatakan reliabel dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Data penelitian diuji menggunakan uji Paired Sample Test dan diperoleh nilai sebesar 0,000. Nilai tersebut kurang dari 0,05 (0,000 < 0,05), yang berarti bahwa terdapat pengaruh positif antara permainan tradisional das terhadap kemampuan matematika permulaan pada anak usia 5-6 tahun. Kata Kunci: permainan tradisional das, matematika permulaan, anak usia dini publisher: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN date: 2025-04-22 type: Skripsi type: NonPeerReviewed format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87644/1/1.%20ABSTRAK.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87644/2/2.%20FILE%20TUGAS%20AKHIR%20SKRIPSI%20FULL.pdf format: text identifier: http://digilib.unila.ac.id/87644/3/3.%20FILE%20TUGAS%20AKHIR%20SKRIPSI%20FULL%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf identifier: Sharna Mellisa, Dhasni (2025) Pengaruh Permainan Tradisional Das Terhadap Kemampuan Matematika Permulaan pada Anak Usia 5-6 Tahun. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG . relation: http://digilib.unila.ac.id/87644/