%0 Generic %A Atika Handa, Fitriyani %C UNIVERSITAS LAMPUNG %D 2025 %F eprints:87681 %I FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS %T PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DAN KREATIVITAS TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA PADA GENERASI Z %U http://digilib.unila.ac.id/87681/ %X Generasi Z dikenal sebagai generasi yang adaptif terhadap teknologi, termasuk media sosial, yang berperan penting dalam mendukung pengembangan ide-ide kreatif dalam kewirausahaan. Penggunaan media sosial memungkinkan individu memperoleh informasi, memperluas jaringan, dan mempromosikan produk atau jasa secara efektif. Selain itu, kreativitas menjadi salah satu kemampuan utama yang mendorong individu dalam menciptakan peluang dan inovasi di dunia usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial dan kreativitas terhadap intensi berwirausaha pada Generasi Z di Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 240 responden generasi Z di Bandar Lampung. Data dianalisis menggunakan uji statistik regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha pada Generasi Z di Bandar Lampung dan kreativitas juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi berwirausaha pada Generasi Z di Bandar Lampung. Berdasarkan temuan ini, disarankan bagi Generasi Z untuk lebih proaktif dalam berinteraksi dengan kontak yang berpotensi memberikan informasi kewirausahaan serta aktif dalam kegiatan yang merangsang kreativitas. Selain itu, penting untuk meningkatkan motivasi, pemahaman, dan dukungan agar lebih yakin dalam menetapkan tujuan berwirausaha. Kata Kunci: Penggunaan Media Sosial, Kreativitas, Intensi Berwirausaha. social media, which plays an important role in supporting the development of creative ideas in entrepreneurship. The use of social media allows individuals to obtain information, expand networks, and promote products or services effectively. In addition, creativity is one of the main abilities that drives individuals in creating opportunities and innovations in the business world. This study aims to analyze the effect of social media use and creativity on entrepreneurial intentions in Generation Z in Bandar Lampung. The research method used is a quantitative approach with data collection techniques through questionnaires distributed to 240 Generation Z respondents in Bandar Lampung. Data were analyzed using multiple regression statistical tests. The results of the study indicate that the use of social media has a positive and significant effect on entrepreneurial intentions in Generation Z in Bandar Lampung and creativity also has a positive and significant effect on entrepreneurial intentions in Generation Z in Bandar Lampung. Based on these findings, it is recommended for Generation Z to be more proactive in interacting with contacts who have the potential to provide entrepreneurial information and to be active in activities that stimulate creativity. In addition, it is important to increase motivation, understanding, and support to be more confident in setting entrepreneurial goals. Keywords: Social Media Usage, Creativity, Entrepreneurial Intention.